Seleksi POPDA Libatkan 12 Cabor

1328
Yudha Triwidya Sasongko, Plt Kadispora Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) masih digelar sekitar November 2020. Namun, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sudah melakukan seleksi atlet jauh hari. Nyaris satu tahun persiapannya. Seleksi itu digelar 10-12 Desember 2019.

Seleksi ini melibatkan 12 cabang olahraga (cabor). Ke-12 cabor itu adalah Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Bulu Tangkis, Karate, Panahan. Lalu, Pencak Silat, Renang, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw dan Tenis Meja.

Ke-12 Cabor ini kemudian menentukan venue (tempat pertandingan) masing-masing dengan technicaal meeting yang telah disepakati.

Plt Kadispora Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko menegaskan, perlunya seleksi atlet sedini mungkin. Menurutnya, dengan rentang waktu panjang dalam seleksi, maka kemampuan atlet yang terseleksi akan semakin matang.

“Kita sendiri belum tahu persis waktunya POPDA. Bisa maju atau mundur. Namun, dengan semakin cepat kita melakukan seleksi, tentu hasilnya akan semakin baik,” tegas Yudha.

PANAHAN: Para peserta seleksi Panahan saat tampil di lapangan Candra Wilwatikta Pandaan.

Di antara 12 Cabor itu, Cabor Panahan melakukan seleksi di lapangan Candra Wilwatikta Pandaan. Sekitar 40 atlet dari jenjang SMP dan SMA ikut seleksi. Mereka turun di nomor atau ronde fita standar, recurve, dan compound.

“Sudah ada gambaran siapa saja yang masuk seleksi untuk kita bina lagi,” tegas Liliek Asiaty, salah satu tim seleksi Cabor Panahan.

BAYU KENCANA: Para atlet seleksi Bulu Tangkis saat berlaga di GOR Bayu Kencana Gempol.

Hal senada juga dilakukan Cabor Bulu Tangkis. Ketua tim seleksi, Aminun menyatakan seleksi atlet bulu tangkis digelar sejak 10-12 Desember.

Sebanyak 65 atlet ikut seleksi di beberapa nomor yang dipertandingkan. Mulai single (Pa/Pi), ganda (Pa/Pi) dan ganda campuran. Dari hasil seleksi itu, Aminun menegaskan sudah masuk 8 atlet. Terdiri dari 4 atlet pria (Pa) dan 4 atlet putri (Pi).

“Dari 8 atlet itu, ada yang cukup istimewa di ganda campuran,” terang Aminun saat ditemui di kantor Dispora komplek kecamatan Kejayan, kemarin.

Amin, panggilannya, tentu saja merujuk pada raihan prestasi ganda campuran, Dika/Nadia. Pasangan ini pernah menyabet juara Djarum Sirnas Primier Jatim Open 2019 di Madiun. Dika bernama lengkap Mochamad Yovandika Ramadhan. Sementara Nadia lengkapnya Nadia Marshela Putri. Kedua atlet ini binaan GOR Bayu Kencana Gempol.

“Saya yakin mereka bisa berbicara di ajang POPDA 2020 mendatang,” tegas Amin dengan yakin.

Selain Nadia/Dika, ada sederet nama pebulu tangkis lain yang moncer. Mereka masuk seleksi POPDA. Di antaranya Alfan, Kleopas, Robi. Kemudian, Dwi, Nanda dan Caty.

SAYGON: Para perenang seleksi POPDA saat tampil bersama Kasi Olahraga Prestasi, Didik.

Sedangkan di Cabor Renang, sebanyak 56 atlet SMP/SMA ikut seleksi. Venue yang dipilih adalah kolam renang standar nasional, Saygon Water Park Purwosari. Ketua tim seleksi, Sugeng Subagio mengatakan bakal menyaring menjadi 16 atlet untuk kemudian dibina kembali.

“Seleksi sudah kita lakukan. Kita akan lakukan penjaringan lagi. Kita akan ambil atlet dengan limit waktu yang mendekati dengan limit yang diterapkan Jawa Timur. Jadi masih ada waktu pembinaan 6 bulan ke depan,” terang Sugeng, kemarin.

CABOR YANG IKUT SELEKSI POPDA
1. Atletik
2. Bola Basket
3. Bola Voli
4. Bulu Tangkis
5. Karate
6. Panahan
7. Pencak Silat
8. Renang
9. Senam
10. Sepak Bola
11. Sepak takraw
12. Tenis Meja

(day/*)