Bayi Perlu Dibantu Bersendawa? Begini Alasannya

955

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pasti semua orang pernah melihat bayi yang dibantu bersendawa. Ternyata, hal itu dilakukan karena ada 3 alasan tertentu.

Sebelum membahas apa saja alasan bayi harus dibantu bersendawa, mari simak uraian berikut.

Mengutip kumparan, bayi yang menyusu, baik ASI ataupun susu formula pasti tak sengaja menelan gelembung udara. Nah jika sudah begitu, gelembung-gelembung udara yang masuk akan terkumpul di lambung.

Apabila kondisi tersebut dibiarkan, dapat menimbulkan kembung pada bayi. Pasalnya, udara yang tertahan di dalam lambung, tak segera dikeluarkan dengan cara bersendawa.

Tentu saja, bayi akan menjadi rewel karena merasa perutnya tak nyaman. Waktu istirahatnya juga dapat terganggu.

Tak sampai di situ, kembung pada bayi juga menimbulkan gangguan pencernaan seperti muntah, diare, sakit perut, hingga konstipasi.

Baca Juga :   Yuk, Ketahui Karakter Anak Sulung!

Lalu, apa saja 3 alasan penting bayi dibantu bersendawa setelah nyusu?
Berikut penjelasannya!

1. Membantu Membuang Gas

Sebagaimana diketahui, ketika bersendawa, tubuh mengeluarkan gas. Begitu juga pada bayi, bersendawa membantunya mengeluarkan udara yang ada dalam lambungnya.

Jika udara sudah keluar, bayi akan terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan.

Sekali lagi, jangan anggap remeh masalah perut kembung pada bayi. Beberapa kasus, perut kembung menimbulkan masalah serius. Contohnya, adanya penyumbatan saluran anus baik total maupun sebagian.

2. Mengurangi Tekanan Saluran Cerna

Bukan hanya lambung yang bermasalah, tapi juga saluran pencernaan. Jadi, ketika bayi bersendawa, tekanan di saluran pencernaan menjadi lebih lega. Alhasil, sistem pencernaan juga ikut lebih lancar dan sehat.

Baca Juga :   Waspadai Bun! Ini Penyebab Anak Suka Mencuri yang Harus Diketahui

3. Membuat Bayi Tenang

Nah, ketika lambung dan saluran pencernaan tidak terbebani dengan kumpulan udara, tentu bayi menjadi lebih tenang. Si kecil pun dapat tidur nyenyak. Tumbuh kembangnya pun tak akan terganggu.

Pastinya, tak ada orang tua yang tega melihat buah hatinya rewel karena ada yang mengganggu. Maka dari itu, para orang tua, jangan lupa membantu si kecil bersendawa setiap kali selesai menyusu. (bel/may)