Jurus Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun

433

Pasuruan (WartaBromo.com) – Musim liburan yang dinanti banyak orang akhirnya tiba. Momen ini sangat tepat jika dimanfaatkan untuk berpergian ke tempat wisata.

Nah, saat berlibur, tak jarang jika kita membeli segala macam pernak Pernik. Atau bahkan terlena dengan berbagai paket wahana wisata. Alhasil, setelah liburan, dompet jadi tipis bahkan mengharuskan bolo warmo berhutang.

Wah! Hal ini tak bisa dibiarkan ya bolo. Alangkah baiknya tetap mengontrol keuangan saat berlibur. Yuk simak tips berlibur hemat!

  1. Menyediakan budget liburan

Sebelum berpergian, baiknya bolo warmo mengecek dulu isi dompet. Kira-kira kita punya budget berapa nih untuk berlibur?

Ingat ya, bukan budget yang menyesuaikan liburan, tapi liburan menyesuaikan budget.

  1. Buat rencana liburan

Membuat rencana perjalanan selama liburan adalah hal berikutnya yang harus dilakukan. Bolo warmo bisa berselancar di internet mengenai tempat yang rekom untuk dikunjungi, beserta biayanya.

Jangan lupa untuk mencatat semua pembiayaan. Mulai dari ongkos ke tempat wisata, penginapan, tiket masuk wisata, biaya makan di tempat wisata, sampai keperluan oleh-oleh.

  1. Cari diskon perjalanan

Sekarang ini mencari diskon cukup mudah bolo. Banyak aplikasi yang menawarkan cashback hingga ratusan ribu. Bolo warmo bisa memanfaatkan hal tersebut.

  1. Pilih transportasi umum

Selama berlibur, baiknya bolo menggunakan transportasi umum. Kecuali jika tempat tersebut cukup susah untuk mendapatkan transportasi umum. Barulah bolo warmo bisa melakukan sewa motor/mobil.

Ambil paket sesuai kebutuhan, misal bisa mengambil paket sewa 3 hari atau bahkan 7 hari. Harganya lebih terjangkau ketimbang sewa harian.

  1. Pilih tempat tinggal yang murah

Sebenarnya ini masuk dalam perencanaan perjalan. Memilih penginapan murah seperti hostel atau homestay bisa jadi pilihan. Range harga penginapan bisa dicek di aplikasi lho bolo. Tinggal bolo warmo memberi filter dengan harga termurah

Usahakan melakukan booking penginapan sebelum berangkat ya. Sebab jika musim liburan, biasanya penginapan lebih susah dicari karena full booked.

  1. Bawa uang cash secukupnya

Kunci supaya tidak boros yakni membawa uang sesuai kebutuhan. Jika anggaran telah dirinci, maka baiknya membawa uang secukupnya. Uang cadangan bisa disimpan dalam bentuk digital saja.

Nah itu dia beberapa tips menarik untuk liburan hemat. Bolo warmo sudah siap berlibur? (may/ono)