AQUA Keboncandi Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal Bidang Perikanan dan Pertanian Hidroponik

1230
TABUR BENIH IKAN: Kepala Desa Mendalan, Suheri ikut menabur benih ikan disaksikan kepala pabrik Aqua Keboncandi dan tim lainnya.

Pasuruan (Wartabromo.com) – AQUA Keboncandi mampu berkolaborasi bersama pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan serta yayasan Social Invesment Indonesia. Utamanya dalam program percontohan perikanan dan pertanian hidroponik.

Hal ini merupakan salah satu program local Economic Development (LED). Tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pabrik AQUA Keboncandi.

Seperti yang dilakukan Aqua pada Jumat (27/12) di Desa Mendalan dan Keboncandi. Di dua lokasi ini telah dilaksanakan penebaran sekitar 5.250 benih ikan Nila dan sebanyak 5.000 Ikan koi.

PILOT PROJECT: YSII, Tokoh masyarakat, kepala pabrik Tirta Investama Keboncandi, kades Mendalan, kepala UPTD PBAT Penataan DKP, dan tim sustainable development TIV Keboncandi dalam program pertanian Hidroponik.

Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, M. Fahroni mengatakan kegiatan ini adalah perwujudan komitmen berkelanjutan dari AQUA Keboncandi sebagai salah satu bentuk tanggungjawab terhadap pembangunan daerah. Utamanya wilayah terdekat perusahaan dan Kabupaten Pasuruan pada umumnya.

“AQUA menerapkan model pendekatan CSR dengan pelibatan aktif multistakeholder. Yaitu unsur pemerintah, perusahaan, NGO dan masyarakat,” tegasnya.

Keterpaduan dari multipihak, lanjutnya kemudian bisa saling mengisi, memperkuat dan berkembang untuk mencapai tujuan bersama. Yakni bersama-sama membangun masyarakat untuk menuju kemandirian dan kesejahteraan.

Lebih lanjut Fahroni menegaskan visi yang diemban Danone Aqua yakni one planet one health. Yakni melalui pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat untuk menjaga agar bumi tetap sehat dan lestari.

Sementara itu, Kepala UPTD PBAT Penataan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan Sigit Affendi, S.Pi menegaskan, potensi dan kualitas air di desa ini sangat bagus dan cocok untuk dilakukannya pembudidayaan berbagai macam ikan tawar, seperti ikan nila, Koi dan sebagainya.

“Ini demi meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pendapatan kepala rumah tangga,” jelasnya.

Sigit Effendi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak AQUA Keboncandi. “Kami sangat bangga menjadi saksi dalam peran aktifnya masyarakat untuk menjadi penggerak program ini. Kami sangat berharap program ini dapat menginspirasi masyarakat luas dan pemangku kepentingan lain untuk kemajuan bersama Kabupaten Pasuruan,” tandas Sigit Effendi. (day/*)