Siap Berlibur? Cek 10 Tempat Wisata Top di Probolinggo

2983

Probolinggo (WartaBromo.com) – Akhir pekan, waktunya untuk menyisihkan jadwal liburan bareng keluarga atau teman. Probolinggo jadi salah satu wilayah dengan beragam wisata yang cocok untuk liburan.

Setidaknya ada 10 destinasi wisata pilihan di Probolinggo yang telah dirangkum oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Simak yuk!

  1. Gunung Bromo
Gunung Bromo.

Tak asing lagi jika Gunung Bromo menjadi wisata jujukan di Probolinggo. Bahkan pada akhir tahun kemarin ada peningkatan wisatawan di Bromo.

Nah, jika ke Gunung Bromo ada beberapa tempat yang cocok dijadikan view. Seperti di Penanjakan 1 atau 2, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Pasir Berbisik dan beberapa tempat lain. Bolo sudah pernah kesana?

  1. Air Terjun Madakaripura
Destinasi wisata Madakaripura. (Foto Idub Hartono, staf Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

Air Terjun ini terletak di Perbatasan Desa Sapih Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan.

Sepanjang perjalanan, bolo warmo bisa menikmati pemandangan pohon-pohon besar dengan udara yang segar. Sebelum menikmati segarnya air terjun, bolo warmo harus rela berjalan kaki lebih kurang 1 jam. Namun, hasil yang didapat selaras lho sama perjuangannya!

  1. Gili Ketapang
Seorang pengunjung menikmati Snorkeling di Gili. (Foto untuk ilustrasi)

Pesona Gili Ketapang sangatlah indah. Tempat ini berlokasi di pulau kecil Selat Madura tepatnya 8 km lepas pantai utara Probolinggo.

Nah, wisatawan bisa mencoba berbagai wahana diantaranya snorkeling atau bahkan berkuda. Bolo warmo bisa berfoto sepuasnya baik di pantainya yang indah ataupun di spot foto bawah laut. Keren kan?

  1. Pantai Bentar
Pantai Bentar. Foto : Sundari AW

Ke Probolinggo tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Pantai Bentar. Sebab lokasinya mudah dijangkau karena berada di Jalur Pantura Probolinggo-Banyuwangi, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Bolo warmo bisa juga menikmati semilir angin pantai, dan kulineran. Atau bahkan menyeberang ke pulau kecil dengan menggunakan perahu. Tak lupa ada juga jalan kayu panjang yang cocok untuk berfoto ria.

  1. Ranu Segaran
Ranu Segaran. Foto : Travelling Yuk

Danau yang berlokasi di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo ini memiliki keindahan yang tersembunyi. Pemandangannya memanjakan mata pengunjung.

Wisatawan juga bisa menikmati kuliner di sepanjang Ranu, selain bisa berkeliling dengan menggunakan bebek. Seru bukan?

  1. Sungai Pekalen
Sungai Pekalen. Foto Venicka

Kali ini ada wisata yang cukup memacu adrenalin. Sebut saja arung jeram. Nah, di Sungai Pekalen ini, wisatawan bisa melakukan arung jeram. Tak perlu takut, karena sudah dilengkapi dengan pemandu wisata. Arung jeram bisa dimulai dari Desa Ranu Gedang, Kabupaten Probolinggo.

  1. Kebun Teh Andung Biru
Kebun Teh Andung Biru – Wisatasia

Berlokasi di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kebun Teh ini cocok disambangi untuk liburan. Pemandangannya tak kalah apik lho dengan puncak Bogor. Nah, wisatawan bisa memetik daun teh bersama petani. Apalagi, wisata ini gratis.

  1. Danau Taman Hidup
Taman hidup. Foto IG alang-alangliar

Danau Taman Hidup bisa dinikmati oleh para pendaki di Gunung Argopuro. Danau indah dilengkapi dengan jalan dan gubuk berteduh untuk berfoto.

  1. Bee Jay Bakau Resort

Wiata Bakau ini berada di Pelabuhan PPP Mayangan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Ada berbagai spot indah yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke BJBR.

Diantaranya spot foto bertuliskan BJBR atau instalasi unik lain. Nah, BJBR juga menawarkan keindahan tak hanya di saat terang, namun juga petang yakni malam hari. Tertarik ke sana?

  1. Air terjun Guyangan

Lereng Pegunungan Hyang atau Argopuro di Kabupaten Probolinggo menyimpan sejuta potensi wisata. Salah satunya air terjun di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil.

Keindahan air terjun ini, memikat wisatawan lokal dan luar daerah.
Perjalanan menuju lokasi air terjun Guyangan cukup mudah. Pengunjung dapat menempuh perjalan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Sebelum ke air terjun Guyangan, pengunjung terlebih dahulu disambut air terjun mini. Sesekali juga ada burung dan primata yang berseliweran di sekitar lokasi.