Prihatin Kebakaran Arjuno, PT. MSD Bagikan Ribuan Bibit Tanaman

710

Pasuruan (WartaBromo.com)- Kebakaran hutan yang melanda kawasan hutan Arjuno-Welirang memantik keprihatinan PT. MSD (Merck Sharp and Dohme) Indonesia.

Selasa (14/1/2020) perusahaan farmasi yang berlokasi di Pandaan, Kabupaten Pasuruan ini membagikan bibit tanaman untuk ditanam di wilayah hutan Arjuno-Welirang. Acara itu sendiri berlangsung di Dayurejo, Kecamatan Prigen.

Plant Direktur PT. MSD Pandaan Novian mengatakan, pembagian bibit itu merupakan bagian dari komitmen perusahaan terhadap keberlangsungan hutan Arjuno-Welirang.

“Hutan Arjuno-Welirang memiliki peran yang sangat penting menjaga keseimbangan lingkungan sekitar. Kalau hutannya rusak, fungsi hidrologinya juga pasti akan terganggu,” katanya.

Nofian menyadari betul. Jumlah bibit yang dibagikan tidak sebanding dengan luasan hutan yang rusak akibat kebakaran saat musim kemarau lalu.

Tapi, setidaknya sedikit membantu mengembalikan tanaman seperti sedia kala. “Paling tidak, bisa sedikit membantu menganti tanaman yang terbakar lalu,” terangnya dalam acara bertema Investasi Kebaikan dan Menyehatkan Bumi itu.

Prosesi serah terima bibit berlangsung khidmad. Selain Perhutani, perwakilan warga, sekitar 50 karyawan dan juga manajemen PT. MSD Indonesia juga ikut hadir.

Oleh PT. MSD, ribuan tanaman yang sebagian berupa bibit buah-buahan itu dibagikan kepada para petani pesanggem (penggarap hutan) untuk segera ditanam.

“Mudah-mudahan ke depan jumlah bibit yang dibagikan bisa lebih banyak dari tahun ini,” jelas Novian. (asd/*)