Ibu-ibu, Begini Cara Menggoreng Ikan Agar Kriuk Tapi Tetap Juicy

6431

Pasuruan (Wartabromo.com) – Ikan menjadi menu yang sering disajikan saat bersantap. Cara mengolahnya pun bermacam-macam, tapi yang paling banyak adalah dengan digoreng.

Namun dalam praktiknya, tak jarang ikan mudah hancur saat dibalik. Bentuknya pun menjadi berantakan. Padahal cara mengkonsumsi ikan goreng paling nikmat saat bagian luar ikan garing tapi bagian dalamnya masih juicy.

Dikutip dari Viva, banyak hal yang perlu diperhatikan ketika mengolah ikan agar lezat nan sehat. Berikut uraiannya:

1. Cara memilih ikan

Saat membeli ikan, pilihlah ikan yang masih segar. Ciri-cirinya, ikan memiliki lapisan berlendir, warnanya masih cerah dan kemilau, perutnya bulat, teksturnya kencang, mata ikannya transparan dan berkilau. Jika sudah begitu, ikan tersebut dapat dipastikan masih segar dan sehat.

Baca Juga :   Sering Masak Gara-gara #Dirumahaja? Begini Tipsnya Agar Hemat Gas

2. Keringkan ikan

Ketika ikan akan diolah, belahlah ikan agar bisa dikeringkan menggunakan paper towel. Terutama bagian dalam ikan. Pasalnya, jika kandungan air dalam ikan terlalu banyak dapat menurunkan suhu minyak dan merusak proses memasak.

3. Gunakan minyak secukupnya

Nah, sebelum digoreng, usahakan membumbui ikan. Kemudian, siapkan minyak goreng secukupnya. Saat menggoreng, pilih minyak nabati atau jenis lain dengan titik panas yang lebih tinggi. Lalu rendam ikan sepertiga dari ketebalannya di minyak goreng.

4. Atur suhu minyak

Selanjutnya, agar menghasilkan ikan yang renyah, suhu minyak yang digunakan untuk menggoreng harus diperhatikan. Sebelum ikan masuk penggorengan, suhu minyak harus dalam kondisi panas.

Baca Juga :   Cara Bikin Mie Instan Spesial dan Super Enak!

Cara mengetahui minyak sudah benar-benar panas atau belum, dengan melihat kemunculan gelembung-gelembung kecil yang terbentuk dalam minyak. Bisa juga dengan memasukkan ujung sendok ke dalam minyak. Apabila terbentuk gelembung di sekitar sendok, minyak sudah dipastikan panas.

5. Jangan terus membalik ikan

Menggoreng ikan harus sabar. Jangan terlalu sering membaliknya. Meskipun hanya sekedar ingin mengecek apakah ikan sudah matang atau belum.

Sering membolak-balik ikan yang tengah digoreng ternyata berpengaruh pada tekstur kerenyahan ikan. Nah, biasanya, waktu memasak ikan agar benar-benar matang sekitar tiga menit untuk setiap sisinya.

Jadi, sudah siap masak ikan goreng lezat? (bel/may)