Puting Beliung Terjang Puspo, 12 Rumah Rusak hingga Sejumlah Pohon Tumbang

1517

Puspo (WartaBromo.com) – Puting beliung terjang wilayah Desa/Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. Sedikitnya 12 rumah rusak dan 3 warga dilaporkan terluka terdampak angin ini.

Peristiwa angin puting beliung terjadi cukup cepat. Sejumlah warga mengungkapkan, bila angin menerjang tatkala hujan tengah mengguyur pada Rabu (29/1/2020) malam di wilayah lereng Bromo ini.

“Ndak sampai 5 menit. Anginnya cepat. Saya bersama tiga anak saya di dalam rumah,” ujar Nurul (45), warga Puspo, Kamis (30/1/2020).

Peristiwa yang dialaminya itu untung saja tak sampai melukai keluarganya. Hanya saja, atap rumah miliknya rusak setelah dihantam angin.

Dari data terungkap, angin puting beliung ini merusak setidaknya 12 rumah yang ada di Dusun Kebon Tengah, Desa/Kecamatan Puspo.

Baca Juga :   15 Rumah di Candipuro Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Dari jumlah itu, atap 10 rumah warga rusak dengan kategori ringan hingga sedang. Sedangkan 2 rumah mengalami kerusakan pada atap karena tertimpa pohon.

Selain itu, sejumlah pohon yang tumbuh di jalanan juga dicatatkan tumbang, setelah angin puting beliung menghajar.

Dari laporan didapatkan informasi, bila ada tiga warga, masing-masing dua perempuan berusia lanjut dan seorang bocah, harus dilakukan penanganan medis. Perawatan dilakukan setelah dua perempuan itu mengalami trauma dan seorang bocah perempuan berusia 10 tahun luka lecet pada kakinya.

Upaya kedaruratan hingga pembersihan telah dilakukan pada pagi hingga siang tadi. Bahkan, bantuan juga telah diberikan kepada penghuni 12 rumah terdampak bencana ini. (ono/ono)