Jurnalis Probolinggo Gelar Upacara Bendera di Momen HPN ke-74

506

Probolinggo (wartabromo.com) – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 di Probolinggo diperingati dengan menggelar upacara bendera pada Senin, 10 Februari 2020. Tujuannya untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan menangkal paham anti Pancasila.

Puluhan Jurnalis di wilayah kerja Kota dan Kabupaten Probolinggo, memilih memperingati HPN dengan menggelar upacara bendera di halaman Museum Kota Probolinggo. Pesertanya selain para jurnalis, ada dari kepolisian, TNI dan Satpol PP. Bertindak sebagai inspektur upacara, yakni Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. Ambariyadi Wijaya.

Upacara ini sebagai penguat nasionalisme Jurnalis Probolinggo dalam pembangunan bangsa dan negara. Guna menangkal paham anti Pancasila yang marak saat ini. Penguatan itu, seperti dilihat dari pakaian yang digunakan peserta upacara, yang menggunakan aksesoris dari berbagai suku.

Ketua Panitia HPN ke-74 Probolinggo, Richard D’ Mas Nre, menyebut upacara bendera sebagai salah satu rangkaian dari peringatan HPN tahun 2020. “Pesan yang ingin saya sampaikan adalah bahwa kita meski berbeda, tetap sama. Tetap kritis dalam nulis pemberitaan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa meski hanya dipersiapkan dalam 4 hari, ternyata kegiatannya berjalan dengan baik. Selain upacara bendera, serangkaian kegiatan juga telah menanti.

“Masih ada tanam pohon anggur, bansos dan expo UKM yang bakal dilakukan teman-teman jurnalis nantinya,” terangnya

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP. Ambariyadi Wijaya mengingatkan bahwa para jurnalis merupakan pilar keempat demokrasi. Memiliki peran penting dalam kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia. Berita-berita yang positif akan menumbuhkembangkan nasionalisme warga.

“Sebagai pilar keempat demokrasi, rekan-rekan Jurnalis punya tanggung jawab yang sama, dalam pembangunan nasional. Menyebar luaskan informasi yang obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata perwira kelahiran Kabupaten Banyuwangi itu.

Upacara bendera yang digelar para Jurnalis Probolinggo pada momentum HPN ke-74 itu, juga diikuti oleh Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota Probolinggo Soufis Subri. Ada Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo, Ketua MUI, Perwakilan Kejari dan PN Kota Probolinggo. (saw/saw)