Mau Melamar Pekerjaan? Begini Cara Bikin CV yang Menarik Perusahaan

1080

Pasuruan (Wartabromo.com) – Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu hal penting saat melamar pekerjaan. Bisa jadi, CV juga menjadi penentu pertama keberhasilan pelamar.

Tak ayal, membuat CV bukan perkara mudah. Pasalnya, pada tahap ini, pelamar wajib paham betul dengan kemampuan dan pengalaman diri sendiri. Selain itu, pelamar juga harus mampu menempatkannya sesuai kebutuhan perusahaan yang dilamar.

Merangkum berbagai sumber, ada beberapa tips membuat CV yang dapat menarik perusahaan:

1. Menentukan keahlian yang ingin ditonjolkan

Keahlian menjadi salah satu kunci utama saat melamar pekerjaan. Keahlian yang akan ditonjolkan harus berada di urutan teratas CV. Selanjutnya, mencari tahu terkait posisi apa yang sedang dibutuhkan perusahaan untuk dicocokkan dengan keahlian yang dimiliki.

Ingat, hindari data yang tidak jujur, mengada-ada.

2. Mencantumkan keahlian beserta bukti

Ya, saat mencantumkan keahlian, haruslah disertai bukti pengalaman. Hal itu dilakukan untuk menghindari anggapan data tersebut mengada-ada.

Jadi, hindari hanya menuliskan daftar keterampilan di CV tanpa bukti nyata. Usahakan memberikan gambaran yang jelas terkait peran dan tuliskan pencapaian yang relevan.

3. Mempertahankan keseimbangan hard skill dan soft skill

Saat akan melamar pekerjaan, pastikan menguasai hard skill dan soft skill. Kedua skill ini menjadi penting. Sebab, perusahaan akan merekrut siapapun yang mampu beradaptasi dengan budaya kerja di perusahaan.

Sekadar diketahui, hard skill berupa kemampuan-kemampuan teknis, misalnya, pemrograman komputer. Sedangkan soft skill lebih ke perilaku dan kepribadian sehari-hari. Kemampuan memecahkan masalah, cakap bekerjasama dalam tim, atau lainnya merupakan contoh kecil soft skill.

4. Mengasah kemampuan lainnya

Nah, apabila bolo memiliki kekurangan dalam bidang tertentu, jangan berkecil hati. Pastikan, kekurangan tersebut menjadi kelebihan.

Contoh sederhananya, saat akan melamar suatu posisi di rumah sakit, coba ikuti kelas pelatihan yang berkaitan. Kemudian, tulislah menjadi salah satu daftar pengalaman dalam CV.

Bagaimana, siap untuk menjadi jobseeker yang diperhitungkan? (bel/may)