Waspada WhatsApp Disadap, Ini Cirinya

3399

Pasuruan (Wartabromo.com) – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang banyak digunakan. Kemudahan dalam bertukar pesan, foto, video, dokumen atau lainnya membuatnya menjadi primadona.

Tapi, WhatsApp juga rentan disadap atau dibajak oknum tak bertanggung jawab. Sebagai pengguna, seharusnya lebih waspada dan memastikan apakah WhatsApp sedang disadap atau tidak.

Bagaimana caranya?

Melansir beberapa sumber, ada 5 ciri yang WhatsApp telah disadap.

1. Pesan terbaca padahal tidak pernah membukanya

Saat ada notifikasi masuk, sebagian orang memilih untuk menunda membuka pesan karena beragam alasan. Apabila terdapat pesan yang belum terbaca tapi pada notifikasi pesan diterima sudah hilang, bolo patut curiga. Apalagi, hal itu terjadi berulang kali. Bisa jadi, WhatsApp bolo sedang disadap.

2. Adanya pesan terkirim tanpa sepengetahuan

Setiap kali menggunakan fitur WhatsApp Web, riwayat aksesnya akan tampak pada halaman WhatsApp Web. Halaman itu akan memunculkan sebuah halaman riwayat penggunaan WhatsApp Web.

Nah, saat ada akses dari browser yang tidak dikenal, kemungkinan peretas memanfaatkan fitur ini untuk menyadap percakapan Anda.

3. WhatsApp tiba-tiba logout

Kalau menemukan ciri yang satu ini, artinya akun WhatsApp seseorang tersebut sudah berpindah ke perangkat lain. Biasanya ini terjadi ketika kode One Time Password (OTP) diberikan kepada pihak lain yang tidak diketahui identitasnya. Pasalnya, satu akun hanya dapat digunakan pada satu perangkat mobile saja.

Namun, apabila ada yang berusaha memasukkan nomor dalam perangkat baru dan memiliki akses ke nomor telepon akun, maka sepenuhnya percakapan WhatsApp Anda akan berpindah ke perangkat baru. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapa pun.

4. Adanya aplikasi asing terinstall pada perangkat

Keberadaan aplikasi asing ini juga bisa menjadi indikator WhatsApp sedang disadap. Ya, aplikasi asing yang dirasa tidak pernah diinstall, tiba tiba muncul pada perangkat, perlu diwaspadai. Bisa jadi aplikasi ini adalah media yang digunakan oleh peretas untuk menyadap percakapan WhatsApp. (bel/may)