Sungai Penuh Busa, Dewan Jadwalkan Panggil Dinas Lingkungan

870
Kali Welang, Dusun Sromo Timur, Desa Pacarkeling, Kejayan yang penuh busa pada Sabtu (15/02/2020).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hamparan busa di sejumlah sungai di Kabupaten Pasuruan akhir-akhir ini memantik respons dari DPRD setempat.

Lembaga wakil rakyat itu pun berencana memanggil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat guna meminta penjelasan. “Nanti pasti akan kami panggil,” kata Saifullah Damanhuri, ketua Komisi 3 DPRD setempat.

Ketua komisi yang membidangi pembangunan dan lingkungan itu menyebutkan, pemanggilan dilakukan untuk mengetahui lebih jelas permasalahan tersebut.

Meski begitu, politisi yang akbrab disapa Gus Saiful ini belum bisa memastikan kapan pemanggilan akan dilakukan. Pasalnya, saat ini masih ada agenda reses. “Mungkin minggu depan,” ungkapnya.

Soal kemungkinan pemanggilan perusahan yang ada di sekitar sungai, Gus Saiful tak mengelaknya. Akan tetapi, sementara ini hanya untuk DLH.

“Kami kan masih belum tahu seperti apa. Jadi itu nunggu info dari DLH ketika saat pertemuan nanti,” sambungnya politisi asal PPP ini.

Sebagai informasi, busa tersebut sempat mengalir di beberapa sungai. Seperti, Sungai Demper Dusun Pateguhan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Jumat 14 Februari 2020 lalu.

Busa tersebut diakibatkan karena kebocoran bahan untuk mencuci plastik di perusahaan penggilingan plastik.

Dan yang terjadi di Sungai Welang, Dusun Sromo, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Sabtu 15 Februari 2020. Terlihat busa melimpah menggenang aliran sungai tersebut. Hingga kini, belum diketahui dari mana asal busa itu. (nul/asd)