Tebing Air Terjun Madakaripura Longsor, Air di Desa Welulang Lumbang Mampet

1420

Tongas (WartaBromo.com) – Tebing di kawasan Air Terjun Madakaripura mengalami longsor. Material longsor merusak pipa besi yang berfungsi menyalurkan air ke Desa Welulang, Lumbang, Kabupaten Pasuruan.

Peristiwa longsor ini diketahui terjadi pada Rabu (19/02/2020). Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Dulbahri mengungkap, longsor akibat adanya hujan yang mengguyur wilayah tersebut.

Hujan yang lebat menjadikan tanah di tebing gembur, sementara resapan air kurang. Akibatnya tanah pelan-pelan lengser ke bawah dan membawa serta bebatuan.

Pada gambar yang diperoleh WartaBromo, terlihat material bebatuan dengan ukuran yang cukup besar menumpuk. Bebatuan ini merusak pipa besi yang berfungsi menyalurkan air ke Desa Welulang.

“Tidak ada korban jiwa,” ujar Dulbahri.

Namun demikian rusaknya pipa air ini berimbas pada warga Lumbang. Catatan BPBD, ada 450 KK di Desa Welulang yang kesulitan memperoleh air. Dimungkinkan, air bisa dinikmati kembali, bila pipa besi itu segera dibereskan.

Pihak BPBD tadi siang sudah melakukan evakuasi di tempat longsoran, dibantu juga dari pihak BPBD Kabupaten Probolinggo, pemerintah desa setempat, dan masyarakat.

Dulbahri menegaskan, BPBD besok akan ke Desa Welulang untuk mengirim bantuan air bersih bagi semua warga yang terdampak mampetnya air akibat longsor. (tof/ono)