Tingkatkan Kompetensi Kelola Perpustakaan Sekolah, Pemkot Pasuruan Gelar Diklat Bagi Guru SD

427

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dalam meningkatkan minat baca siswa, pengelolaan perpustakaan sekolah yang baik menjadi salah satu hal yang fundamental. Untuk meningkatkan kompetensi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) bagi puluhan guru SD se-Kota Pasuruan.

Diklat ini digelar di Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) MAN 2, Kota Malang dan dibuka pada kemarin, Rabu (19/02/2020). Tercatat ada 30 guru SD yang mengikuti Diklat ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan Mokhamad Faqih menerangkan tujuan diklat ini adalah memberikan pemahaman pengetahuan dan konsep tentang pengelolaan perpustakaan bagi para guru-guru sekolah dasar.

“Adapun sasarannya adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pemahaman kegiatan teknis pengelolaan perpustakaan mulai dari kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyelesaian koleksi, penyajian koleksi,” ujar Faqih.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Fungsional Dan Sosial Kultural Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur Didik Dwianto juga hadir pada Diklat ini.

Ia mengungkapkan harapan agar para peserta setelah mengikuti Diklat ini menjadi pustakawan yang lebih baik dan dapat menerapkan keilmuannya di tempat masing-masing.

Senada dengan Didik, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bahrul Ulum menegaskan peran perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga para guru perlu tahu manajemen perpustakaan yang baik.

“Saya berharap, para peserta bersungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, karena diklat ini sangat penting,” ujar Bahrul Ulum.

Rencananya Diklat ini akan berlangsung selama 11 hari. Selain menerima materi dan praktek, peserta diklat juga melakukan outbound dan juga observasi lapangan di Pemerintah Kota Bandung selama 3 (tiga) hari nantinya. (tof/*)