Mengenal Mitos Kejatuhan Cicak

7814

Pasuruan (Wartabromo.com) – Apa yang terjadi jika seekor cicak tiba-tiba jatuh mengenai tubuh? Pasti banyak yang panik dan berusaha segera menyingkirkan cicak tersebut.

Ya, kejatuhan cicak merupakan salah satu mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Mulai dari rejeki seret sampai tertimpa musibah.

Merangkum beberapa sumber, bagian tubuh yang kejatuhan cicak dipercaya menentukan apa yang akan terjadi.

Mau tau?

1. Jatuh di kepala

Cicak yang jatuh di kepala, merupakan pertanda, dalam waktu dekat akan ada keluarga terdekat sakit parah, bahkan meninggal.

Tak hanya itu, kejatuhan cicak di kepala juga dipercaya membuat rejeki seret. Bisa karena ada pengeluaran mendadak atau pemasukan yang terhambat.

Meskipun kebenarannya belum terbukti, nyatanya masyarakat zaman sekarang masih saja mempercayai mitos-mitos ini.

2. Jatuh di tangan

Menurut mitos yang dipercaya orang Jawa, cicak yang jatuh di tangan berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Tapi tangan kanan dan kiri memiliki mitos masing-masing.

Kejatuhan cicak di tangan kanan menjadi pertanda, telah melakukan hal yang sia-sia. Dengan kata lain, tidak memperoleh hasil yang sesuai harapan. Sedangkan cicak jatuh di tangan kiri, tandanya akan ada masalah dalam hal finansial dalam waktu dekat

3. Bagian tubuh lain

Bagian tubuh seperti punggung, dada, perut, dan kaki terkadang juga tak luput dari ‘sasaran’ cicak. Ada yang mengartikan bakal kehilangan orang yang disayangi. Bukan dalam arti meninggal, tetapi ditinggalkan oleh orang yang disayangi karena berbagai alasan. Mitos lain menyebutkan, bagian tubuh yang kejatuhan cicak akan terserang penyakit.

4. Dekat dengan tubuh

Kalau yang satu ini ternyata mitosnya bermakna positif. Apabila ada cicak yang jatuh nyaris mengenai tubuh, namun ternyata hanya jatuh disekitar kita, dipercaya akan dijauhkan dari malapetaka dan masalah.

Nah, terkait mitos yang tekah disebutkan, semua kembali ke pribadi masing-masing. Namun, ada baiknya tidak terlalu mempercayai mitos secara utuh.

Gunakan mitos bermakna negatif untuk selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Toh, ada atau tanpa kejatuhan cicak, baik rejeki maupun musibah bisa datang kapan saja. (bel/may)