Corona Masuk Indonesia, Prof Nidom Usul Pemerintah Bentuk Komnas Mitigasi Penyakit

1220
UJI LAB: Suasana di laboratorium milik Profesor Nidom. Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dua warga negara Indonesia (WNI) terdeteksi positif terpapar virus corona. Menanggapi hal ini, akademisi Unair Chairul Anwar Nidom menyarankan pemerintah agar membentuk Komnas mitigasi penyakit.

Profesor biomolekuler Universitas Airlangga (Unair) ini menyayangkan respon pemerintah yang sebelumnya terkesan santai karena alasan belum ditemukannya virus corona yang masuk ke Indonesia.

“Virus ini yang jelas tidak mungkin memilih negara. Virus akan tetap bisa masuk di mana saja dan ke mana saja,” ujarnya.

Oleh karena itu ia menyarankan agar pemerintah segera membentuk semacam komisi nasional mitigasi penyakit. Komnas ini nantinya untuk menyeragamkan simulasi-simulasi cara penanganan wabah virus corona.

“Daripada kita tidak menyiapkan diri dan tahu-tahu ada,” imbuh guru besar Fakultas Kedokteran Hewan Unair tersebut.

Baca Juga :   KPK Ubek-ubek Kantor DPUPR Probolinggo hingga Lumajang Bangun Stockpile Pasir | Koran Online 24 Sep

Ia sendiri saat ini tengah mengembangkan riset formulasi yang cocok untuk mengendalikan virus corona. Ia memiliki hipotesis bahwa kurkuma yang ada di dalam empon-empon memiliki khasiat mengendalikan virus itu.

Pembuktian itu kini tengah dilakukan, salah satunya, di laboratoriumnya yang berada di Kelurahan Karangketug, Gadingrejo, Kota Pasuruan. Di laboratorium itu ia mencobakan formulasi kurkuma terhadap sejumlah tikus percobaan.

Riset ini, menurutnya, tidak akan memakan waktu yang lama. Nantinya, hasil dari riset ini akan ia sampaikan kepada pemerintah atau industri agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. (tof/ono)