Terjebak Pertanyaan HRD “Seberapa Layak Kamu”, Begini Trik Menjawabnya

7731

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bagi para pencari kerja pemula, wawancara HRD maupun user bisa jadi hal menakutkan. Apalagi, saat ditanya seberapa layak pelamar kerja bisa diterima perusahaan.

Dag dig dug der!

Campur aduk pasti rasanya jika itu adalah wawancara pertama.

Dinukil dari kompas, Pakar Career Development, Audi Lumbantoruan, mengungkapkan, pelamar kerja harus berhati-hati menjawab pertanyaan yang dilontarkan pewawancara saat itu. Pasalnya, tidak sedikit pelamar yang jawabannya kurang tepat. Hal itu berujung tak diloloskan ke tahapan selanjutnya.

Dijelaskan, pertanyaan tersebut muncul lantaran perusahaan perlu mencari yang terbaik diantara yang terbaik. Perusahaan akan melirik pelamar memiliki kompetensi berbeda.

Jawaban paling pas menjawab pertanyaan tersebut yakni dengan memaparkan pengalaman bekerja sebaik mungkin kepada pewawancara, khususnya pencapaian kerja yang kaitannya dengan pekerjaan yang dilamar.

Baca Juga :   Ada Badai Pasir Terjang Lereng Bromo, BPBD Tak Dapat Laporan

Lalu, caranya bagaimana agar tak salah langkah?

Pertama, jawablah dengan pernyataan yang mengarah pada pengalaman. Pelamar dapat menjelaskan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan, atau menyebutkan pencapaian-pencapaian yang pernah dilakukan.

Kedua, beri jawaban kalau tantangan di perusahaan yang dituju sesuai dengan jam terbang di perusahaan sebelumnya. Uraikan kesesuaian tantangan dan tugas-tugas pekerjaan yang dilamar dengan passion yang dimiliki.

Ketiga, pelamar dapat menjabarkan sisi kualifikasi dan latar belakang pendidikan yang cocok dengan posisi. Jawaban ini ideal dipakai bagi pelamar fresh graduate. Bisa juga dengan menjabarkan sejumlah pencapaian terkait selama masa kuliah

Meski pertanyaan seberapa layak terlihat sepele, proses ini menjadi penentu apakah pelamar lanjut ke tahap selanjutnya. Tak ayal, jawaban yang terkesan standar, kerap kali jadi batu sandungan pelamar.

Baca Juga :   Perempuan di Kraton Meninggal Jelang Resepsi Pernikahan

Ingat, setiap kali menjawab pertanyaan harus disesuaikan dengan bidang perusahaan yang dilamar. Jawaban-jawaban yang dilontarkan pun harus jujur dan tidak mengada-ada. (bel/may)