Takut Badan Melar Gara-gara Work from Home? Begini Antisipasinya

623

Pasuruan (Wartabromo.com) – Kebijakan Work From Home (WFH) mulai diterapkan di beberapa instansi. Penerapan kebijakan tersebut dalam rangka menekan penyebaran virus COVID-19 (Coronavirus Disease).

Meski bekerja di rumah dinilai lebih fleksibel, tak menutup kemungkinan banyak godaan yang menyapa. Salah satunya godaan untuk ngemil.

Apabila kebiasaan satu ini tak dikontrol, berat badan dipastikan melonjak dalam 14 hari masa isolasi.

Nah, untuk mengantisipasi lonjakan berat badan berlebihan, lakukan kegiatan berikut:

1. Jumping jack

Mengutip detik, jumping jack merupakan gerakan yang paling mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, olahraga satu ini tanpa bantuan alat apapun.

Gerakannya sederhana. Posisikan badan dengan berdiri tegak dengan posisi tangan di samping. Kemudian, angkat kedua lengan secara serentak ke atas kepala.

Selanjutnya, lompat secukupnya sembari merentangkan kaki dengan lebar. Gerakan ini dilakukan selama 15-30 detik.

2. Squat

Kalau olahraga satu ini dipercaya dapat mengecilkan lingkar paha serta memperkuat otot paha, lengan, dan perut. Jadi, tumpukan-tumpukan lemak di bagian tersebut berkurang.

Caranya, lebarkan kaki setara bahu. Letakkan jari-jari di belakang kepala. Kemudian dorong pinggul ke belakang sambil menekuk lutut. Gerakkan badan naik dan turun secara bergantian. Gerakan ini bisa dilakukan 10-15 kali.

3. Push up

Selain squat, push up juga dapat mengurangi lemak. Tapi gerakan push up akan memberikan efek berkurangnya gelambir di bagian lengan.

Selain itu, push up juga membantu memperkuat bahu karena pushup dapat melatih otot lengan, bahu, hingga abdomen sebagai penstabilnya.

Posisikan badan seperti tengkurap, dan letakkan tangan di matras. Sejajarkan pergelangan tangan dengan bahu. Jangan membuat leher terlalu mendongak atau tegang karena dapat memicu sakit leher.

Jangan lupa, pastikan otot perut tetap kencang. Tekuk siku lalu turun dan naikkan dada ke arah matras/lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 10-20 kali.

4. Mountain climber

Kalau olahraga satu ini cocok dilakukan saat memiliki sedikit waktu senggang. Gerakan mountaint climber bermanfaat untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, gerakannya efektif membakar kalori dalam waktu singkat.

Caranya, posisikan diri seperti akan melakukan pushup. Kemudian, luruskan badan mulai dari bahu hingga kaki. Angkat lutut sampai dada, seolah-olah sedang berlari. Ulangi gerakan selama 5-10 kali.

5. Lari di tempat

Terakhir, lari di tempat. Olahraga ini yang paling mudah di antara gerakan lain. Caranya pun sangat mudah, hanya perlu berlari tanpa berpindah tempat. Waktu 15-30 detik, cukup untuk membakar kalori.

Mau coba? (bel/may)