Deretan Tempat yang Bisa Jadi Sarang Virus

872

Pasuruan (Wartabromo.com) – Beberapa titik di wilayah Indonesia sedang memberlakukan pembatasan aktivitas di luar pasca makin meningkatnya angka kasus akibat Covid-19. Sebagai gantinya, segala aktivitas sebisa mungkin dilakukan di rumah masing-masing.

Nah, selama di rumah, bukan berarti sepenuhnya bebas dari virus baru yang dikenal dengan nama corona ini. Pasalnya, ada beberapa titik yang tetap harus diperhatikan kebersihannya.

Dimana saja?

1. Dapur

Mengutip Kompas, dapur dan area makan, tempat ternyaman bagi kuman berkeliaran. Pasalnya, banyak area di dapur yang sering disentuh.

Misalnya saja, pintu lemari es, rak piring, meja dapur, atau pegangan lemari perkakas. Selain itu, peralatan masak dan peralatan makan jangan sampai luput dari perhatian.

Tas belanjaan yang sering dibawa keluar rumah, jangan lupa untuk dijemur. Bisa juga dengan merendamnya menggunakan air panas dicampur sabun.

2. Kamar mandi

Kamar mandi juga sangat rentan menjadi tempat perkembangbiakan virus. Terlebih ketika kondisi handuk lembab, sangat memungkinkan menjadi tempat tinggal virus.

Untuk mengatasinya, usahakan sering-sering mencuci handuk. Semprot area-area di kamar mandi dengan cairan disinfektan. Mulai dari pintu kamar mandi, keset, bahkan jendela kamar mandi.

3. Kamar tidur

Berbagai perlengkapan yang ada di kamar tidur seperti sarung bantal, sprei, juga lemari pakaian beserta isinya, jam dinding yang kemungkinan terpampang di dinding harus dijaga kebersihannya. Kalau tidak, kuman akan mudah bersarang di barang-barang yang tiap hari bersentuhan dengan kulit.

Cucilah perlengkapan tidur dan pakaian sesering mungkin. Gunakan air hangat untuk membantu membunuh kuman. Pastikan menggunakannya saat benar-benar kering.

Nah, saat mengumpulkan peralatan yang akan dicuci, usahakan menggunakan kantong sampah atau liner yang bisa dicuci untuk mencegah kuman menempel di rumah. Hindari penggunaan keranjang cucian.

4. Barang lain

Selain ketiga tempat di atas, beberapa barang juga perlu mendapat perhatian khusus. Sepatu misalnya, bisa disemprot menggunakan disinfektan pada bagian atas sepatu dan talinya.

Beberapa perangkat elektronik juga bisa dibersihkan menggunakan alkohol pada bagian body. Sedangkan bagian layar menggunakan kain lembut atau mikrofiber. (bel/may)