Cegah Warganya Mudik, Jokowi Wacanakan Beri Pengganti Libur Lebaran

2378

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Joko Widodo menyusun rencana untuk mensiasati warganya supaya menunda pulang kampung (mudik) lebaran. Salah satunya dengan mengganti libur lebaran di lain hari setelah pandemi corona berakhir.

“Saya melihat ini untuk mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat. Mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya. Ini mungkin bisa dibicarakan,” kata Jokowi, seperti dilansir dari Antara.

Wacana ini dikemukakan saat rapat terbatas melalui video conference bersama kabinet kerjanya. Untuk melengkapi liburan ini, Jokowi menawarkan beberapa opsi, supaya mirip dengan libur lebaran.

Di antaranya dengan menyediakan fasilitas mudik gratis. Kemudian menggratiskan tiket tempat wisata milik pemerintah daerah.

“Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat,” tambahnya.

Selain mulai menggodok wacana ini, Pemerintah juga berencana membuat PP soal mudik lebaran. Aturan ini supaya warga lebih berhati-hati jika memutuskan untuk mudik di lebaran tahun ini. (may/ono)