Mau Presentasi Pakai Zoom? Begini Caranya

27324

Pasuruan (Wartabromo.com) – Dua minggu sudah, aktivitas di luar rumah berpindah di rumah masing-masing. Tak ayal, kebutuhan forum diskusi dilakukan secara daring.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk meeting online adalah Zoom. Aplikasi tersebut memungkinkan video confrence dengan mudah untuk menghubungkan banyak orang.

Saat melakukan diskusi, tak jarang membutuhkan presentasi untuk memaparkan bahan diskusi. Nah, fitur share screen dalam Zoom bisa dimanfaatkan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Sebelum mengulas tata cara, sekadar diketahui, Zoom bisa dioperasikan menggunakan PC atau melalui Smartphone.

Bagi pengguna Zoom for PC, dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Zoom dan file power point yang akan ditampilkan;

2. Pilih menu “Share Screen” yang tersedia pada tab “Home”;

3. Setelah dipilih, akan muncul kolom baru untuk memasukkan “Sharing Key” atau “Meeting ID”. Isi kolom tersebut beserta kata sandi yang dibutuhkan untuk bisa bergabung dengan panggilan video yang sedang berlangsung;

4. Jika sudah, akan dijumpai sejumlah pilihan layar yang ingin ditampilkan kepada pengguna Zoom lainnya. Opsi “Screen” dapat dipilih untuk berbagi layar PC secara real time.

Dengan kata lain, seluruh kegiatan yang dilakukan pada PC, dapat dilihat oleh pengguna lain. Jika ingin lebih privat, bisa pilih jendela tertentu saja. Langkah ini dapat dilakukan sebelum pengguna bergabung dengan panggilan video;

5. Langkah ini dilakukan jika terlanjur bergabung dalam panggilan video dan ingin berbagi layar. Pengguna cukup menekan tombol “Share Screen” berwarna hijau yang berada di atas atau bawah layar.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih window yang ingin dibagikan dan tekan tombol “Share” untuk menampilkannya kepada pengguna Zoom lain.

6. Ketika sedang membagikan layar, pengguna bisa mengganti mode presentasi ke slide show mode dengan menekan tab “Slide Show“, kemudian pilih “From Beginning” atau “From Current Slide“;

Jika sudah, maka partisipan lainnya akan dapat melihat presentasi dalam mode slide show. Layar yang dibagikan kepada partisipan lain adalah layar dengan border berwarna hijau di pinggirnya. Sedangkan yang muncul di monitor pengguna adalah presenter view dimana pengguna dapat melihat slide notes dan juga mengatur presentasi;

7. Apabila pengguna membagikan layar yang salah, maka dapat diganti dengan menekan “Display Settings” lalu pilih “Swap Presenter View and Slide Show View“. Pengguna juga bisa mengganti layar yang dibagikan dengan menekan tombol ‘New Share’ kemudian memilih jendela power point yang ingin ditampilkan.

Bagi pengguna Zoom for Smartphone, langkahnya cukup serupa. Zoom versi Mobile

Untuk membagikan layar melalui Zoom versi mobile, langkah-langkahnya serupa.

Pertama, pilih menu “Share Screen” pada tab “Meet & Chat”. Kemudian, mulai bergabung dengan sebuah panggilan video dengan memasukkan “Sharing Key” atau “Meeting ID” beserta kata sandi pada kolom yang tersedia.

Selanjutnya, Zoom akan meminta izin untuk berbagi tampilan pada layar smartphone. Pilih “Start now” untuk mulai berbagi layar.

Gampang kan? Selamat mencoba! (bel/may)