Infrastruktur Capai 90%, RSUD Tongas Siap Tangani Pasien Covid-19

680

Tongas (wartabromo.com) – Pemkab Probolinggo mengklaim infrastruktur RSUD Tongas sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19, sudah 90 persen. Dalam waktu dekat siap digunakan, sehingga pasien asal Kabupaten Probolinggo, tak perlu dirujuk ke rumah sakit di luar daerah.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menyebut, dalam waktu dekat, rumah sakit ini sudah bisa menangani pasien positif covid-19. Persiapan  alat kesehatan (Alkes) maupun tenaga medis, terhitung sudah mencapai 90 persen.

“10 persennya itu hanya untuk penataan,” ujarnya saat meninjau kondisi rumah sakit plat merah itu pada, Senin (6/4/2020).

Bersama sejumlah pejabat, Tantri datang, berkeliling melihat ruang isolasi dan Alkes yang disediakan. Ia juga mencermati alur/skenario jika ada pasien. Saat beroperasi nanti, rumah sakit diprioritaskan untuk menangani pasien asal Probolinggo saja.

“Ini bukan ego sektoral atau apa, tapi prioritas warga Probolinggo dahulu. Seperti diketahui, Probolinggo dikelilingi zona merah. Jika sampai ada yang masuk dari luar Probolinggo, maka dampaknya dikhawatirkan akan meluas,” imbuh wanita berhijab itu.

Istri Hasan Aminuddin itu, juga memastikan tenaga medis sudah betul-betul siap dalam menangani pasien covid-19. “Insyaallah sudah siap. Tinggal kita resmikan,” tandas Tantri.

Sejauh ini, di Kabupaten Probolinggo, per hari Minggu siang, 5 April 2020, ada 6 PDP. Dengan rincian, 3 meninggal dan 3 lainnya sembuh. Sedangkan ODP ada 245 orang, di mana 35 orang tak perlu lagi dipantau, sedangkan 210 orang masih dalam pantauan. (lai/saw)