Mau Daftar Kartu Prakerja? Begini Caranya…

2657

Jakarta (WartaBromo.com) – Pendaftaran kartu prakerja telah dibuka. Sedikitnya ada 3 langkah untuk mendaftarkan diri.

Dilansir dari website resmi prakerja.go.id, cara mendaftarkan diri sebagai calon penerima kartu prakerja cukup mudah. Namun untuk langkah awal, calon pendaftar harus memenuhi syarat terlebih dahulu.

Di antaranya pastikan bolo warmo merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Lalu usianya minimal 18 tahun. Bolo warmo juga tidak dalam masa pendidikan formal.

Setelah itu, ada 3 langkah pendaftaran yang harus diikuti. Yakni:

  1. Buat akun di website Prakerja

Buka website resmi www.prakerja.go.id terlebih dahulu. Setelah itu, pilih menu Daftar Sekarang. Lengkapi pendaftaran dengan memasukkan Nama Lengkap, alamat email dan Password.

Setelah itu, konfirmasi akun prakerja di email yang telah didaftarkan. Barulah kembali ke website prakerja untuk melengkapi data diri.

  1. Lengkapi data diri

Masukkan email dan password yang sudah bolo buat sebelumnya. Setelah itu masukkan data diri, seperti NIK, nama lengkap, alamat dan lain-lain.

Setelah itu bolo warmo harus mengunggah foto KTP, dan foto selfie bersama KTP. Berikutnya aka nada petunjuk untuk memasukkan nomor ponsel dan memverifikasinya sesuai kode OTP yang dikitim ke ponsel.

  1. Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

Saat pendaftaran, calon penerima kartu prakerja harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar terlebih dahulu. Tes ini akan berlangsung selama 15 menit.

“Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki,” penggalan kalimat dalam tujuan tes.

Nah, sebelum tes dilakukan, ada baiknya bolo warmo mempersiapkan alat bantu seperti kertas atau alat tulis. Alat tulis menulis ini bisa membantu untuk coret-coret penyelesaian soal.

Setelah rangkaian tes selesai diikuti, bolo warmo tinggal menunggu konfirmasi email dari kartu prakerja. Kemudian akan ada beberapa opsi pelatihan yang bisa dipilih dan mengikuti langkah berikutnya sesuai dengan petunjuk dalam website. Mudah bukan? (may/ono)