Banjir Akibat Luapan Tiga Sungai di Kota Pasuruan

3139

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hujan deras mengguyur Kota Pasuruan pada, Senin (13/04/2020). Akibatnya, 3 sungai di Kota Pasuruan meluap dan merendam sejumlah wilayah.

Diketahui, kemarin hujan mengguyur Kota Pasuruan sejak sekitar pukul 17.00 WIB dan menjelang malam hingga tengah malam intensitas hujan makin deras.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengatakan air di 3 sungai yakni sungai welang, sungai gembong, dan sungai petung, mulai meluber pada pukul 23.00 WIB. Luapan ini kemudian merendam pemukiman yang ada di sekitarnya.

Banjir ini juga menyebabkan Jalan Pantura di wilayah Kelurahan Karangketug ditutup pada pukul 00.30 WIB. Arus lalu lintas pun lumpuh di wilayah tersebut.

Baca Juga :   2 Hari ke Depan, Hujan Disertai Petir Hantui Pasuruan hingga Lumajang

Beberapa wilayah yang disebut Samsul tergenang banjir antara lain Kelurahan Kandangsapi, Kelurahan Bakalan, Kelurahan Karangketug, Kelurahan Petamanan, dan Kelurahan Purutrejo.

Untuk ketinggian air, mulai dari setinggi lutut orang dewasa hingga dada. Pihak BPBD pun menerjunkan 3 perahu di tiga lokasi yang masing-masing berada di sekitar sungai.

“Kalau sampai ngungsi tidak ada. Perahu untuk evakuasi anak-anak,” kata Samsul.

Pantauan wartabromo.com, hingga pagi ini Selasa (14/04/2020) pukul 07.00 Jalan Pantura di wilayah Kelurahan Karangketug masih tutup. Beberapa warga yang hendak bepergian tampak menunggu di sekitar lokasi hingga banjir surut. Ada juga yang memanfaatkan ojek gerobak untuk melewati banjir. (tof/may)