Saran Dokter Gizi Terkait Menu Makanan Ibu Hamil di Tengah Pandemi

884

Pasuruan (Wartabromo.com) – Coronavirus Disease (Covid-19) masih menjadi perhatian di berbagai belahan Dunia, tak terkecuali Indonesia. Nah, untuk mencegah tertular virus corona, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil.

“Harus makan yang beraneka macam untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama ibu hamil,” tutur dr. Verawati Sudarma, Sp.GK, dinukil dari kumparan.

Menurut dokter yang praktik di RS. Siloam Hospitals Asri Mampang, Jakarta, konsumsi gizi seimbang selama kehamilan sangat penting. Sayangnya, masih banyak yang salah mengartikan makanan bergizi.

Dijelaskan kemudian, makanan bergizi adalah makanan yang mencakup segala kebutuhan gizi selama hamil. Baik kebutuhan gizi makronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) dan mikronutrien (vitamin dan mineral).

Bukan malah konsumsi makanan yang dianggap baik gizinya secara berulang-ulang. Pasalnya, konsumsi satu jenis makanan berlebihan tak baik bagi kesehatan tubuh.

Contohnya, makan daging terus menerus, sudah dapat dipastikan tidak baik untuk tubuh. Jadi, harus divariasi dengan makanan lain yang kandungan vitamin, mineral dan zat besinya berbeda. Itu dilakukan supaya semua nutrisi akan bekerja sama dalam membangun sistem imun.

Perlu diingat, ibu hamil harus mengurangi konsumsi gula banyak konsumsi buah serta sayur. Pasalnya, gula dapat menurunkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Nah, selain memastikan menu makanan bervariasi, pastikan bahan makanan dalam kondisi bersih. Sebelum diolah, pastikan bahan makanan sudah dicuci bersih untuk menghilangkan bakteri.

Jika sudah, cara memasaknya juga harus benar. Bahan makanan yang akan dikonsumsi ibu hamil perlu dimasak dengan tepat dengan tingkat kematangan tertentu. (bel/may)