Setelah 2 Kali Swab dan Sembuh, Pasien Covid-19 asal Lumajang Meninggal Dunia

6718

Lumajang (WartaBromo.com) – Seorang pasien Covid-19 asal Lumajang yang dinyatakan sembuh, meninggal dunia. Ia meninggal setelah menjalani proses isolasi di rumah selama 2 hari.

AZ (26) warga Kecamatan Randuagung, Lumajang dinyatakan sembuh pada 15 April lalu. Ia kemudian dipulangkan dari RSUD dr. Haryoto Lumajang untuk menjalani isolasi mandiri selama 7 hari.

“Jadi AZ ini positif corona, lalu isolasi RSUD Haryoto, 14 hari kemudian kita swab. Swab pertama negatif, kita tidak begitu saja bilang sembuh atas nama AZ ini negatif. Kita swab lagi, 2x negative. Setelah 2 kali dilakukan swab negative, kita pulangkan isolasi mandiri selama seminggu. Karena itu prosedur pasien corona yang dinyatakan sembuh,” jelas Thoriqul Haq, Bupati Lumajang.

Baca Juga :   Lawan Corona, Relawan Probolinggo Buat APD untuk Tim Medis

Namun, setelah 2 hari pulang ke rumah, AZ dilaporkan meninggal dunia. Dinas Kesehatan Lumajang saat dikonfirmasi WartaBromo mengatakan pihaknya sedang menuju ke rumah duka untuk pemakaman jenazah.

“Masalah penyebab kematiannya tim rumah sakit dan Puskesmas ke lokasi untuk penanganan jenazahnya,” jelasnya.

Sementara itu, dr. Bayu Wibowo, Kadinkes Lumajang dalam keterangannya kepada media yang dihimpun WartaBromo mengungkap, jika pasien dinyatakan sembuh secara klinis. Ia pun tak memiliki riwayat penyakit bawaan.

Namun saat dipulangkan, AZ diduga mengalami gangguan psikis atau stress setelah menjalani isolasi di rumah sakit dengan jangka waktu cukup lama.

Rencananya jenazah AZ akan dimakamkan di pemakaman umum desa. Petugas kesehatan pun menuju ke lokasi dan menyebutkan proses pemakaman bakal dilakukan dengan cara protokol kesehatan terkait wabah. (may/ono)

Baca Juga :   BLT DD di Kabupaten Pasuruan Mulai Dibagikan, hingga Seorang Nakes RS Swasta Positif Corona | Koran Online 14 Mei