Balapan Liar di Besuk, Belasan Motor dan Mobil Diamankan

2338

Besuk (wartabromo.com) – Belasan motor dan mobil tanpa STNK diamankan pada Rabu (22/4/2020) dini hari. Kendaraan-kendaraan ini dirazia lantaran digunakan balap liar di jalan raya Desa Sumberan, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo.

Sekitar pukul 02.00 WIB, anggota Polsek Besuk membubarkan balap liar di jalan penghubung antara kecamatan itu. Jalan yang berbatasan dengan Desa Jabung Sisir, Kecamatan Paiton tersebut, selama ini dikenal tempat adu cepat motor. Kondisi jalan di tempat ini memang dikenal lurus dan aspal relatif mulus.

“Kami patroli ke wilayah utara, ternyata ada segerombolan pemuda lagi balapan. Aksi itu dibubarkan oleh anggota karena mengganggu kamtibmas dan berbahaya bagi keselamatan. Kami amankan beberapa pemuda dan belasan motor dan 1 mobil yang tidak dilengkapi STNK,” kata Kapolsek Besuk, AKP. Agus Rahmad Wijaya.

Kendaraan yang diamankan terinci berupa 18 unit sepeda  motor tanpa dilengkapi STNK. Serta sebuah mobil Toyota Avanza dengan nopol W-1726-BG yang juga tanpa STNK. Hanya saja pelaku balapan berhasil melarikan diri.

“Dari informasi yang kami peroleh, para pebalap itu berasal dari Maron dan Pajarakan. Mereka yang dibawa ke Mapolsek, karena turut serta memberi semangat dan dukungan atas gelaran balap liar itu,” lanjutnya.

Terhadap pemuda yang diamankan, polisi memberikan pembinaan. “Kami berikan pembinaan terkait¬† social distancing dalam menghadapi pandemi corona. Setelah itu kami kembalikan ke orang tuanya,” ungkap AKP. Agus.

Polisi mempersilakan para pemilik kendaraan untuk mengambil barangnya. Dengan syarat mampu menunjukkan STNK dan BPKB. “Silakan diambil, kalau STNK-nya mati silahkan diperpanjang dulu. Jika BPKB ada diagunkan, minta keterangan pada bank atau leasing-nya,” tandas perwira yang lama di Satlantas itu. (cho/saw)