Hasil Rapid Tes, 2 Pemudik Asal Kecamatan Gading Positif Covid-19

5913

Gading (wartabromo.com) – Hasil rapid tes 2 pemudik asal Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo positif Covid-19.
Keduanya merupakan pemudik dari 2 daerah berbeda di Jawa Timur.

Camat Gading Taufik Alami melalui pesan suara (voice) yang diterima wartabromo.com mengatakan, pemudik positif Covid-19 salah satunya adalah santri sebuah Ponpes di Kabupaten Magetan.
Sedangkan seorang lainnya diketahui baru mudik dari Kabupaten Sidoarjo.

Keduanya pun kemudian dievakuasi oleh petugas medis dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) ke rumah sakit. “Hasil tes dua pemudik adalah positif,” ujarnya pada Kamis, 23 April 2020.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Gading untuk lebih ketat mengawasi pemudik. Hal itu dimaksudkan, agar penyebaran virus corona dapat diantisipasi sejak dini. Apalagi Kecamatan Gading sudah termasuk zona merah Covid-19, karena sebelumnya 2 warga positif Covid-19.

“Sekali lagi kami mengimbau, agar sensor-sensor yang kita punya, radar-radar yang kita punya untuk mendata pemudik, semakin dioptimalkan. Agar pencegahan dini atau tindakan yang akan dilakukan lebih cepat,” kata Taufik Alami.

Santri itu, sekitar 4 hari yang lalu pulang dari Ponpes Al-Falah Temboro, Kabupaten Magetan. Oleh tempatnya menimba ilmu, santri tersebut dibekali surat sehat.

Usai dibawa oleh petugas medis, Satgas Covid-19 Desa langsung melakukan isolasi terhadap keluarga santri itu. Sedikitnya penghuni di 4 rumah menjalani isolasi dengan pengawasan ketat. Setidaknya untuk 14 hari ke depan sesuai protokol kesehatan Covid-19. (saw/saw)