Santri Temboro Asal Sumber Terkonfirmasi Positif Covid-19

1915

Kraksaan (wartabromo.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mengkonfirmasi warga Kecamatan Sumber positif Covid-19. Pasien nomor 19 ini, merupakan santri Ponpes Al-Falah Temboro Magetan.

Pasien nomor 19 itu, remaja laki-laki berusia 18 tahun. “Tambahan pasien ke-19 positif Covid-19 ini, masuk dalam klaster Temboro, Magetan. Sehingga yang bersangkutan tidak ada sangkut pautnya dengan pasien positif sebelumnya. Ini merupakan penemuan dari hasil cek poin dan proses karantina desa,” terang Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Joelijanto, Jumat, 1 Mei 2020.

Sejak awal datang dari pondok, remaja itu langsung dikarantina. Oleh petugas ia kemudian di rapid test, yang hasilnga reaktif. Setelah reaktif rapid tes, langsung diisolasi mandiri. Serta menjalani swab, yang hari ini hasilnya dinyatakan positif.

Baca Juga :   Ramai Dimedsos, Walkot Pasuruan Dituding Kena Corona

“Sudah ke ruang isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo. Untuk tracking-nya tidak terlalu banyak, karena dia langsung masuk ke tempat karantina pada waktu itu. Jadi kontaknya tidak terlalu luas,” kata dokter Anang.

Meski begitu, untuk mengantisipasi hal terburuk, petugas juga melakukan pemeriksaan kepada para petugas karantina, tempat pasien itu dikarantina.

“Sebab dikhawatirkan sewaktu berada di tempat karantina sempat kontak dengan yang bersangkutan. Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan semuanya negatif,” ungkap Kadinkes Kabupaten Probolinggo tersebut.

Hingga Jumat petang, jumlah pasien positif Covid-19 menjadi 19 orang. Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 46 orang. Serta, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 406 orang. (cho/saw)