Perempuan asal Kejayan dan Nguling Tertular Corona

4606

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gugus tugas menyatakan 2 warga Kabupaten Pasuruan confirm Covid-19, Kamis (7/5/2020). Mereka diketahui terjangkit pasien positif asal Kota Pasuruan.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya menjelaskan, 2 warga tersebut yakni 1 orang perempuan (51) dari Kecamatan Nguling dan 1 orang perempuan (54) dari Kecamatan Kejayan.

Keduanya berprofesi sama, yakni pembantu rumah tangga (PRT) pada pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Terpaparnya kedua PRT ini, tak lain berdasarkan tracing yang dilakukan oleh petugas surveillance Kota Pasuruan, pasca hasil swab pada 26 April 2020 yang menyatakan bahwa satu warga Kecamatan Gadingrejo terkonfirmasi Covid-19.

“Kami baru saja dikonfirmasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi, bahwa hari ini ada 5 warga Pasuruan yang terkonfirmasi Covid-19 dari satu kontak erat, yakni dari warga Gadingrejo, Kota Pasuruan,” katanya.

Baca Juga :   Positif Covid, Wabup Lumajang: Merasa Dekat Sekali dengan Kematian

Ditemui di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Kamis (07/05/2020) sore, Anang mengungkapkan, sebelum dinyatakan positif Covid-19, keduanya sudah di-rapid dengan hasil reaktif, meskipun tidak ada keluhan atau OTG (orang tanpa gejala).

“Karena hasilnya reaktif tapi OTG, warga ini melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” imbuhnya.

Setelah terdapat status positif Covid-19, kini petugas dari Puskesmas Nguling dan Kejayan masih berkoordinasi dengan keluarga kedua pasien, agar bisa dirawat di RSUD Bangil sampai sembuh.

“Malam ini kami komunikasikan dengan keluarga, sehingga untuk mengantisipasi kedua warga ini keluar rumah, kita akan rawat di RSUD Bangil sampai sembuh,” tegasnya.

Dengan 2 pasien terkonfirmasi Covid-19 pada hari ini, maka jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan positif Covid-19 menjadi 21 orang. Terdiri dari 1 warga Bangil, 2 warga Beji, 2 warga Gempol, 1 warga Gondangwetan (sekarang sudah sembuh), 1 warga Kraton.

Baca Juga :   Aturan Baru Sistem Zonasi, hingga 2 Remaja Pasuruan Mandi Sambil Naik Motor | Koran Online 13 Des

kemudian pasien positif juga pada 1 warga Lumbang (sembuh), 2 warga Pandaan, 4 warga Prigen, 1 warga Purwodadi (sembuh), 2 warga Puspo, 2 warga Rembang (1 diantaranya sudah sembuh), 1 warga Nguling, dan 1 warga Kejayan.

Anang mencoba mengingatkan kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker ketika keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan menghindari kerumunan.

“Kami juga terus membagikan masker kepada semua warga se-Kabupaten Pasuruan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Jangan dikoleksi, tapi dipakai sehari-hari ketika berada di luar rumah. Selalu dicuci setiap hari,” harapnya. (mil/ono)