Nakes di Kota/Kabupaten Probolinggo Positif Covid-19

1084

Probolinggo (wartabromo.com) – Ada 2 tenaga kesehatan (nakes) positif Covid-19 terkonfirmasi baik di Kota maupun Kabupaten Probolinggo, pada Minggu, 10 Mei 2020. Mereka terbilang masuk dalam klaster lepas.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo, dr. Abraar HS. Kuddah mengungkapkan pasien positif Covid-19 nomor 11 adalah seorang dokter. Sama profesinya dengan pasien nomor 10 di Kota Probolinggo, yang terkonfirmasi positif sehari sebelumnya. “Betul, sudah kami swab dan hasilnya positif,” kata Abraar.

Pihaknya, kata Abraar, sudah menyarankan dua nakes tersebut untuk isolasi mandiri di kediamannya. Upaya tracing pada nakes lain yang berinteraksi erat dengan dua nakes yang positif, juga sudah dilakukan. Upaya rapid tes terhadap orang yang bersinggungan dengan dokter ini juga sudah dilakukan.

Baca Juga :   Cegah Kolesterol hingga Batu Ginjal dengan Batang Pisang

“Saat ini, kami juga sedang menunggu, hasil swab dari 7 nakes lain yang kontak erat dengan nakes yang positif. Kami juga sudah antisipasi juga, dengan tracing pada pasien yang ada dalam daftar yang ditangani kedua nakes ini,” ungkap Plt. Direktur RSUD dr. Moh. Saleh itu.

Data terbaru kasus covid-19 di Kota Probolinggo, saat ini ada 11 kasus positif. Tiga di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Sementara lainnya masih dalam perawatan intensif di RSUD dr. Moh. Saleh.

Grafis kasus corona di Kabupaten Probolinggo per 10 Mei 2020.

Sedangkan di Kabupaten Probolinggo, seorang pegawai RSUD Tongas dikonfirmasi sebagai pasien nomor 25. Pasien itu, berjenis kelamin perempuan dengan usia 23 tahun. Ia berasal dari Kecamatan Tongas.

Baca Juga :   Rumah dan Musala Gerongan Rusak Dilempar Bondet hingga 13 Sekolah Tutup Karena Covid-19 | Koran Online 12 Feb

“Tidak ada hubungannya dengan klaster sebelumnya, meski ia tenaga kesehatan di RSUD Tongas. Sehingga dikatakan klaster lepas. Kami masih mencari sumber penularannya,” terang Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Joelijanto.

Hingga kini, di Kabupaten Probolinggo ada 25 pasien positif Covid-19. Seorang di antaranya, yakni bayi berusia 1,7 bulan asal Kecamatan Dringu, dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Dua pasien lainnya dirawat di RSUD Tongas.

“Yang lain di rumah pengawasan. Hasil swab-nya belum keluar, hanya pasien balita itu. Mudah-mudahan minggu ini sudah keluar semua,” kata Kadinkes Kabupaten Probolinggo tersebut. (lai/cho/saw)