Dirawat di Sidoarjo, Warga Gempol Positif Covid-19

2837

Pasuruan (WartaBromo.com) – Perempuan asal Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, dinyatakan Positif Covid-19.P Pasien berjenis kelamin perempuan (40) tersebut saat ini dirawat di RS Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, warga Gempol ini terpapar virus corona berdasarkan swab test yang keluar pada Senin (25/5/2020), hari ini dengan hasil positif.

“Sore tadi kami mendapatkan informasi dari Pemprov Jatim yang menyatakan, bahwa 1 warga Gempol dinyatakan Positif Covid-19,” kata Anang.

Hanya saja, untuk detail informasi terkait pasien ini, Anang mengaku tidak menerima data dengan lengkap. Gugus tugas hanya mendapatkan informasi, jika perempuan dari Kecamatan Gempol terkonfirmasi Covid-19 dan dalam kondisi tanpa gejala (OTG/orang tanpa gejala).

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Mutasi 280 Pejabat, 4 di Antaranya Pimpinan Tinggi Pratama

“Maka dari itu, kami juga tidak bisa menjelaskan secara terperinci tentang informasi ini,” kata dia.

Hingga kini, apabila dikalkulasi, jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 77 orang. Terdiri dari 12 warga Bangil, 12 warga Beji (1 sembuh), 10 warga Gempol (1 sembuh), 2 warga Gondangwetan (1 sembuh), 2 warga Grati, dan 5 warga Kraton,

Selain itu 1 warga Lekok, 1 warga Lumbang (sembuh), 2 warga Nguling, 7 warga Pandaan, 1 warga Pasrepan, 5 warga Prigen, 1 warga Purwodadi, 2 warga Purwosari, 5 warga Puspo (1 sembuh), 2 warga Rejoso, 6 warga Rembang (2 sembuh), serta 1 warga Tutur.

“Kemarin ada 1 pasien PDP yang meninggal dan swab-nya positif, sehingga datanya menjadi pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dunia bersama 3 orang lainnya, yakni 1 warga Gempol, 1 warga Tutur, dan 1 warga Pandaan,” ungkap Anang.

Baca Juga :   Dewan Pers Dorong Pemerintah Menopang Daya Hidup Pers di Masa Pandemi

Anang juga menjelaskan seputar jumlah PDP yang pada hari ini juga terdapat 5 orang. Di antaranya 1 orang perempuan (50) dari Sukorejo yang hari ini meninggal dunia dengan hasil rapid non reaktif.

PDP baru juga pada bayi perempuan berusia 6 bulan dari Beji dengan keluhan kejang, demam tinggi; laki-laki (79) dari Grati dengan diagnosis pneumonia dan rapid reaktif.

Kemudian PDP dicatat terhadap laki-laki (52) dari Pohjentrek dengan diagnosis pneumonia dan suspek TBC; serta laki-laki (66) dari Prigen dengan diagnosis pneumonia dan CHF atau gagal jantung kongestif.

“Ada satu PDP dari Grati yang memiliki riwayat bepergian dari daerah pandemi dan setelah di-rapid hasilnya positif. Seluruhnya dirawat di RSUD Bangil mulai hari ini,” jelasnya.

Baca Juga :   Rutan Bangil Bebaskan 52 Napi Lebih Cepat

Dengan 5 PDP pada hari ini, maka jumlah untuk keseluruhannya mencapai 127 orang. Sedangkan jumlah ODP (orang dalam pemantauan) sampai sore ini mencapai 272 orang. (mil/ono)