Tiga Sembuh, 5 Pasien Limpahan Masuk Data Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

937

Kraksaan (wartabromo.com) – Ada 3 pasien menambah daftar sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Sisi lain, Kabupaten Probolinggo mendapat limpahan data sebanyak 5 pasien positif dari Kota Probolinggo.

Jubir Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto, menyebut kini ada 38 pasien sembuh dari Covid-19. Jumlah tersebut merupakan kumulasi, setelah 3 pasien terkonfirmasi sembuh.

Ketiganya terdiri laki-laki berusia 23 tahun dari Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegalsiwalan; laki-laki berusia 16 tahun dari Desa Curahsawo, Kecamatan Gending; dan laki-laki berusia 20 tahun dari Desa Tamansari, Kecamatan Kraksaan.

“Hasil swab ketiga orang ini keluar kemarin, 2 orang dari hasil TCM (tes cepat molekuler) dengan metode PCR (polymerase chain reaction) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan 1 orang dari pemeriksaan di Surabaya. Yang jelas mereka tidak ada penyakit lain, sehat dan sudah bisa dipulangkan ke rumahnya masing-masing,” ujar Anang, Rabu, 27 Mei 2020.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan, ketiganya tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari.

Pasien sembuh harus tetap memakai masker, jaga jarak, dan jaga kontak supaya tidak tertular lagi. Menurut Anang, virus Corona ini terdapat banyak tipe sehingga semua harus saling menjaga diri.

Sementara itu, Gugas Covid-19 Kabupaten Probolinggo juga mengubah angka pasien terinfeksi virus corona. Jika sebelumnya berjumlah 83 orang, kini menjadi 88 orang. Seiring adanya pelimpahan data dari Gugas Covid-19 Kota Probolinggo sebanyak 5 orang.

Mereka adalah tenaga kesehatan yang bekerja di RSUD Waluyo Jati Kraksaan 1 orang, 3 orang di RSUD Tongas dan 1 orang di Puskesmas Wangkal, Kecamatan Gading. Kelima pasien ini diperkirakan tertular rekan kerja yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19.

“Semula dimasukkan di Kota Probolinggo, kemudian dialihkan ke Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Anang menyebut pihaknya legawa dengan pelimpahan itu. Sudah menjadi prinsip Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari yang ingin melindungi dan mengayomi warganya. “Sebenarnya dalam peraturannya berdasarkan tempat tinggal, tapi karena mereka bekerja di Kabupaten Probolinggo, maka kita terima,” terangnya.

Saat ini di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk orang terkonfirmasi positif coronavirus disease (Covid-19) sebanyak 88 orang. Dengan keterangan 48 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 38 orang sembuh, dan 2 orang meninggal dunia.

Selanjutnya, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 56 orang. Dengan keterangan 3 orang dalam pengawasan, 35 orang selesai diawasi, dan 18 orang meninggal dunia.

Kemudian, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 463 orang. Dengan keterangan 119 orang dalam pemantauan, 339 orang selesai dipantau, dan 5 orang meninggal dunia. (cho/saw)