Pandemi, Haul Mbah Slagah Ditiadakan

752

Pasuruan (WartaBromo.com) – Haul Mbah Sanusi atau Mbah Slagah tahun ini ditiadakan. Hal ini disebabkan penyebaran virus corona yang dinilai masih mengancam.

Dalam surat pemberitahuan dari panitia penyelenggara haul yang diterima WartaBromo.com, Haul Mbah Slagah yang biasanya dilaksanakan setiap tanggal 8 syawal itu ditiadakan.

Dikonfirmasi WartaBromo, Ketua Panitia Ali Iqbal mengatakan, peniadaan haul yang biasanya dilaksanakan di Jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan itu karena situasi pandemi corona.

Menurut Ali, tiap tahun Haul Mbah Slagah bisa mendatangkan 6.000 hingga 7.000 peserta dari dalam dan luar kota. Kerumunan peserta haul tersebut, biasanya meluber dan memenuhi sekitaran Jalan Pahlawan atau depan stadion Untung Suropati.

“Kita menghindari terjadinya kerumunan,” kata Ali kepada WartaBromo, Kamis (28/05/2020).

Selain itu, hari haul yang jatuh pada Minggu (31/05/2020) besok ini juga bertepatan dengan penerapan physical distancing yang diberlakukan oleh Pemkot Pasuruan. Sepanjang Jalan Pahlawan akan ditutup sejak pagi.

Namun demikian pihaknya tidak akan menutup makam. Artinya jika ada warga yang berkunjung ke makam Mbah Slagah untuk berziarah dan membaca tahlil, dipersilakan, dengan catatan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

“Peziarah harus pakai masker dan jaga jarak. Sudah kami pasang imbauan di makam,” imbuh Ali. (tof/ono)