Lima Kawanan Begal Beraksi di Purwosari

4635

Pasuruan (WartaBromo.com)- Lima kawanan begal beraksi di Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (8/05/2020). Satu diantaranya berhasil ditangkap warga.

Satu pelaku yang tertangkap diketahui berinisial TI (15) warga sebuah desa di Kecamatan Purwosari. “Ditangkap di Tambaksari tadi,” kata Kepala Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Jatmiko.

Informasinya, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17. 00. Insiden bermula saat seorang korban mengendarai sepeda motor di jalan kecamatan yang menghubungkan Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari-Tambaksari, Kecamatan Purwodadi.

Berada di lereng Gunung Arjuno, lokasi yang berada tak jauh dari UPT. Peternakan itu relatif sepi. Saat itulah, korban berkendara sendirian dengan diikuti orang tua korban di belakang, yang juga menggunakan sepeda motor berbeda.

“Jadi, bapak anak ini berkendara beriringan. Anaknya di depan, ayahnya di belakang. Bawa motor sendiri-sendiri,” kata Jatmiko, kepala desa Tambaksari, Senin (8/06/2020) malam.

Sampai di lokasi kejadian, korban yang berjenis kelamin perempuan dihadang oleh para pelaku. Tak lama kemudian, para pelaku berhasil merampas sepeda motor korban.

Sejenak kemudian, para pelaku kabur ke arah Tambaksari. Sementara korban yang kehilangan motornya, mengadu ke orang tuanya yang datang kemudian.

Seketika orang tua korban menghubungi kenalannya di Tambaksari. “Begitu mendapat kabar pelaku lari ke sini, langsung dihadang warga,” jelas Jatmiko.

Benar saja, tak lama kemudian, para pelaku akhirnya muncul. Sayang, dari kelima pelaku, hanya satu yang berhasil dibekuk. Sementara empat lainnya melarikan diri.

“Dia yang bagian bawa motor curiannya. Sepeda motor yang sempat dibawa juga berhasil diamankan,” terang Jatmiko.

Ia mengakui, warga yang kadung emosi berusaha menghakimi pelaku. Beruntung, dengan susah payah, aparat kepolisian  akhirnya berhasil mengamankannya.

Kanit Reskrim Polsek Purwosari, Bripka Bambang mengatakan, saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan petugas. “Masih diperiksa,” ujarnya. (nul/asd)