Ternyata di Bumi Ada Wilayah dengan Udara Paling Bersih

970

Pasuruan (Wartabromo.com) – Berbicara mengenai alam semesta, selalu saja ada yang menarik untuk dipelajari. Belakangan, para ilmuwan klaim temukan udara paling bersih di dunia.

Wah, dimana ya lokasinya?

Beberapa sumber menyebutkan, udara terbersih di dunia ada di Samudera Antartika. Hal tersebut sebagaimana hasil penelitian para ilmuwan Colorado State University.

Studi pertama dilakukan dengan uji coba komposisi bioaerosol (mikroorganisme udara). Berdasarkan uji coba tersebut, mereka berhasil mengidentifikasi bahwa keadaan atmosfer tidak berubah meski banyak aktivitas manusia. Aktifitas yang dimaksud antara lain pembakaran fosil, menanam tanaman tertentu, memproduksi pupuk, dan pembuangan air limbah.

Meski begitu, Sonia Kreidenweis, salah seorang peneliti mengungkapkan, udara pada lapisan batas Samudra Atlantik bebas dari partikel aerosol.

Sekadar diketahui, aerosol merupakan partikel berupa gas padat dan cairan yang tersuspensi (tidak ada pengendapan karena partikel berukuran kecil) di udara.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan, Samudra Atlantik adalah satu dari sedikit tempat di Bumi yang tidak terpapar oleh kegiatan antropogenik. Dimana antropogenik merupakan sumber pencemaran yang tidak alami karena ada campur tangan manusia. (bel/may)