Pemkab Lumajang Usulkan 2 Lokasi untuk Exit Tol Probolinggo-Lumajang

2508
Rapat koordinasi pembangunan jalan tol Probolinggo-Lumajang. Foto: Kominfo Lumajang.

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang usulkan 2 lokasi untuk exit tol Probolinggo – Lumajang. Usulan ini berada di bagian utara dan selatan Lumajang.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, ada beberapa usulan untuk perencanaan pengerjaan jalan tol Probolinggo Lumajang. Hal ini disampaikan saat Rapat Koordinasi Teknis bersama Bappeda Provinsi Jawa Timur, Bakorwil V Jember.

“Kami mengusulkan, di Lumajang nantinya dibangun akses pintu keluar atau masuk jalan tol, yakni di daerah utara dan selatan. Karena nantinya kami akan membangun fasilitas pasar buah untuk petani buah,” kata Cak Thoriq dalam keterangan di website resmi Pemkab Lumajang.

Exit tol yang dimaksud yakni pertengahan antara Kecamatan Ranuyoso dan Klakah untuk bagian utara. Sementara bagian selatan yakni di Desa Curah Petung, Kecamatan Kedungjajang atau Banyuputih.

“Usulan berikutnya, menjadikan Rest Area di dua sisi sebagai Pasar Buah yang bisa menjadi akses pasar bagi para petani buah dan industri kecil menengah,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan studi kelayakan, pembangunan jalan tol Probolinggo – Lumajang memiliki panjang 32 kilometer. Di wilayah Lumajang, jalan ini akan melewati Kecamatan Ranuyoso, Klakah, Kedungjajang dan Randuagung.

Sampai saat ini perencanaan pembangunan tol masih digodok. Nantinya, akan melalui berbagai tahapan seperti pembebasan lahan sebelum dikerjakan pada 2021 mendatang. (may/ono)