Dewan Pertanyakan Kesiapan Pemkot Pasuruan Hadapi New Normal

1195

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan saat ini sedang menyiapkan konsep untuk menyambut new normal. Hanya saja, dewan sepertinya belum melihat kesiapannya.

Wakil Ketua 1 DPRD Kota Pasuruan, Dedy Tjahjo Poernomo mengatakan, untuk menyambut new normal Pemkot harus benar-benar siap secara fasilitas dan sumber daya manusia.

Ia mencontohkan, jika nantinya kebijakan new normal diberlakukan, salah satunya di setiap pasar besar di Kota Pasuruan perlu ada pos medis. Pos medis tersebut fungsinya untuk memantau apakah setiap orang yang masuk sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Setiap yang masuk harus dicek dengan thermogun, kemudian penyemprotan disinfektan. Apakah sudah siap?” kata Dedy.

Selain itu Dedy juga menekankan agar perencanaan program dan kegiatan Pemkot dalam rangka menyambut new normal harus matang dan jangan sampai sia-sia.

Baca Juga :   Pemuda Gagahi Gadis Kenalan di Medsos hingga Instansi di Pemkab Lumajang 100% WFH | Koran Online 14 Juli

Ia sendiri mengaku sangat setuju dengan adanya kebijakan new normal ini. Sebab, menurutnya, dengan new normal perekonomian masyarakat yang sebelumnya lesu karena terdampak Covid-19, diyakininya bakal bangkit.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo mengungkapkan, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di seluruh jajaran Pemkot Pasuruan saat ini sedang merencanakan program kegiatan yang sifatnya kembali ke kehidupan normal dengan protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Beberapa di antaranya tetap menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari, menjaga pola hidup sehat, dan wajib mencuci tangan.

“Dan untuk pelayanan yang sifatnya berkaitan dengan masyarakat, akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk setiap pelayanan yang diberikan,” terang Teno. (tof/ono)