Studi SMK Bakal 4 Tahun, Lulus Bergelar Diploma

4349

Jakarta (WartaBromo.com) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengkaji rencana perubahan lama pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tak lagi 3 tahun, rencananya SMK akan menjadi 4 tahun dengan gelar Diploma 1 atau 2.

“Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi 4 tahun atau setara dengan diploma 1 atau diploma 2. Terutama untuk program studi tertentu,” kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dilansir Antara.

Wacana ini tercetus supaya siswa SMK bisa lebih “matang” saat terjun ke dunia kerja. Bekal selama 4 tahun diharapkan bisa menambah pengalaman baik dalam teori maupun praktik kerja. Bahkan, jika saat praktik kerja di industri namun siswa tak mumpuni, maka bisa tak diluluskan.

“SMK dirancang empat tahun dan begitu lulus, siswanya bisa langsung kerja di industri,” lanjutnya.

Untuk itu, Kemendikbud berencana segera menyesuaikan kurikulum untuk hal ini. Termasuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri, supaya lulusan SMK mampu lebih fleksibel saat bekerja.

Kemendikbud juga meningkatkan kerjasama dengan industri, hingga meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah. Upaya-upaya ini dilakukan sebagai langkah rebranding SMK. (may/ono)