Tak ada Angin atau Hujan, Tebing di Tosari Longsor

2220

Tosari (WartaBromo.com) – Sebuah tebing di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan mengalami longsor. Kondisi tanah yang kering diduga menjadi menyebab longsornya tebing ini.

Peristiwa ini diketahui terjadi pada kemarin, Kamis (11/06/2020) sekitar pukul 13.30 WIB, tepatnya di Dusun Puthuk, Desa Ngadiwono. Camat Tosari, Hari Hijroh mengungkapkan, lokasi bencana longsor kali ini terbilang jauh dari permukiman.

Saat tebing memiliki ketinggian sekitar 70 hingga 80 meter itu longsor dipastikan tak ada warga melintas, sehingga dari laporan yang diterima juga terdapat tidak korban jiwa maupun materiil.

Hari melanjutkan, sebelumnya di Kecamatan Tosari sama sekali tidak ada hujan, sehingga longsornya tebing tersebut bukan disebabkan kondisi tanah yang basah.

“Tanahnya kering, nggak ada hujan nggak ada apa,” kata Hari kepada WartaBromo, Jumat (12/06/2020).

Tanah kering inilah yang diduga menyebabkan terjadinya longsor. Selain itu, diketahui tebing yang longsor ini juga terletak di area perkebunan kentang.

“Itu di atasnya sudah dikosongi. Tidak ada tanaman kentang atau tanaman apapun. Memang sudah dikosongi, karena bahaya,” imbuh Hari.

Sementara itu saat ini lalu lintas di sekitar lokasi longsor masih berjalan seperti sedia kala. Hari memastikan, jalan-jalan yang di sekitar titik longsor masih aman dilalui. (tof/ono)