Banner “Kampanye Gus Awiek” Beredar Liar di Jalanan Kota

1315

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banner mirip alat peraga kampanye (APK) beredar di jalanan wilayah Kota Pasuruan. Pol PP memastikan, banner bertuliskan Gus Awiek itu tak berizin hingga akan ditertibkan.

Banner GASS (Gus Awiek Sholeh Sahal) itu di antaranya terlihat terpasang di pohon sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kota Pasuruan. Beberapa jalan protokol lain, dilaporkan juga terpasang banner serupa.

Pesan yang dituliskan dari banner dengan background warna hijau seperti alat peraga kampanye tersebut terbilang sederhana, yakni “Pasuruan Kembali”.

Dua kata itu disusun menggunakan font latin pada kata Pasuruan disusul kata Kembali dengan huruf kapital. Uniknya, kata KEMBALI dicetak dengan huruf terbalik.

Belum didapatkan keterangan siapa yang memasang banner yang juga bertuliskan “santri millenial” itu. Sehingga, sampai sejauh penelusuran tidak diketahui maksud dari pemasangan banner “Pasuruan Kembali” yang terpasang kali ini.

Kabid Trantib Pol PP Kota Pasuruan, Fadholi mengatakan sudah mengetahui banner Gus Awiek sejak Jumat (26/6/2020) kemarin.

Dari pemeriksaan, ia mengungkapkan jika alat sosialisasi berukuran seperti X-banner itu ternyata tak terdapat izin. Langkah prosedural coba dilakukan dengan menelusuri pihak yang bertanggungjawab melakukan pemasangan banner.

“Kami sudah berusaha mencari siapa yang memasang. Pastinya, banner itu tak berizin,” kata Fadholi, Sabtu (27/6/2020).

Tapi sampai saat ini, pihaknya tidak mendapatkan kepastian, sehingga dalam waktu dekat banner-banner liar yang terpasang di pohon jalan protokol itu segera ditertibkan.

Upaya Pol PP tersebut diyakinkan, karena selain tak memiliki izin, alat peraga Gus Awiek Pasuruan Kembali  dinilai telah melanggar dan mengotori wajah kota. (ono/ono)