Minggu Besok Pagi Al-Yasini Wisuda Virtual

1113

Wonorejo (Wartabromo.com)- Yayasan Miftahul Huda Al-Yasini punya cara istimewa dalam mewisuda lulusannya. Yayasan yang diasuh KH A Mujib Imron ini menggelar wisuda secara virtual (online). Gelaran wisuda virtual ini digelar pada Minggu pagi besok (28/6), pukul 09.00 WIB.

Karena virtual, prosesi wisudanya pun lebih banyak diakses melalui aplikasi dan link YouTube. Yang hadir di lokasi hanya perwakilan 25 wisudawan/wisudawati terbaik yang dikukuhkan dari masing-masing lembaga. Mereka mewakili SD IC, MTs, SMP Unggulan, SMPN 2 Kraton di Al-Yasini. Lalu, SMA Excellent, MAN 2 Pasuruan di Al-Yasini, SMK Leader dan SMKN 1 Wonorejo di Al-Yasini.

“Yang hadir pun kami batasi, sekitar 50 orang. Itu pun kami tidak mengundang pejabat,” ujar H Jainuddin MPd, Ketua Yayasan Al-Yasini saat glade bersih, sore tadi.

GLADI RESIK: Para wisudawati terbaik Yayasan Al-Yasini saat gladi resik.

Yang diundang hadir dalam wisuda virtual ini adalah wali murid dari wisudawan terbaik, semua kepala sekolah, pengurus harian yayasan dan majelis pengasuh serta beberap kiai.

H Jainuddin menambahkan, tujuan wisuda virtual ini dilakukan untuk mengukuhkan lulusan kelas akhir di semua jenjang. Al-Yasini juga bersyukur atas nikmat ilmu yang telah diraih para wisudawan/wisudawati. Selain itu, lembaga Al-Yasini juga ingin memberi penghormatan dan penghargaan kepada siswa yang telah selesai dan tamat dalam proses belajar mengajarnya.

STANDAR PROTOKOL.KESEHATAN: Para wisudawan terbaik putra dari beberapa jenjang tetap melakukan prosesi wisudawan Minggu pagi dengan memakai masker dan jaga jarak.

Total yang diwisuda oleh Yayasan Al-Yasini tahun ini mencapai 1.153 siswa/siswi. Mereka terdiri dari 31 siswa/siswi SDIC. Lalu, 122 siswa/siswi MTs. SMP Unggulan sebanyak 104 siswa/siswi. Kemudian, SMP Negeri 2 Kraton di Al-Yasini sebanyak 192 siswa/siswi.

Sedangkan untuk jenjang tingkat lanjut, ada wisudawan/wisudawati SMA Excellent sebanyak 120 siswa/siswi. MAN 2 Pasuruan di Al-Yasini sebanyak 237 siswa/siswi. Lalu, SMK Leader sebanyak 75 wisudawan/wisudawati dan SMKN Wonorejo di Al-Yasini yang diwisuda sebanyak 272 siswa/siswi.

HAFIZ ALQURAN: Abdul Rosyid (kiri) wisudawan Al-Yasini yang hafal Al-Qur’an 30 juz akan diwisuda Ahad pagi ini. Rosyid saat didampingi guru Bahasa Arab MTs Al Yasini, ustaz Lukman Hakim.

“Jadi kalau ditotal sebanyak 1.153 anak yang diwisuda besok,” tukas Sekretaris Yayasan, Dr H Moh Irham Zuhdi, MPd.

Karena terlalu banyak yang diwisuda, lanjut Irham, maka para wisudawan lainnya bisa mengikuti prosesi wisuda di rumah masing-masing. Mereka bisa mengikuti live streaming YouTube WartaBromo dan juga live zoom dengan kapasitas 1.000 orang. “Jadi wisudawan lain tetap bisa mengikuti acara mulai awal hingga akhir,” tegasnya.

Saat gladi bersih sore tadi, link zoom berkapasitas besar ini sudah diuji coba. Sehingga, diharapkan para wisudawan atau orang tua mereka juga tetap bisa mengakses prosesi acara mulai awal sampai akhir. “Kami juga akan memberi penghargaan kepada salah satu santri yang sudah hafid Alquran 30 Juz,” tegasnya.

Santri yang dimaksud Irham adalah Abd Rosyid. Pria asal Gadingrejo Kota Pasuruan ini bersyukur bisa mondok di Al-Yasini dan mampu hafal Al-Qur’an 30 Juz. “Alhamdulillah. Saya bersyukur kepada Allah SWT. Terima kasih kepada kedua orang tua saya. Kiai dan ustaz-ustaz saya. Pembimbing saya dan semua yang mendukung saya,” ujarnya.

Soal mampu menghafal Al-Qur’an sampai 30 Juz? Rosyid berusaha untuk terus membaca Al-Qur’an (deres rutin) minimal sehabis salat lima waktu. “Kemudian kita ulang-ulang lagi terus. Deres terus,” tegasnya membagi tips hafal Alquran. (day/*)