Aktivitas Dewan Kabupaten Probolinggo Belum Normal, Masih Tunggu Hasil Audit BPK

639

Kraksaan (wartabromo.com) – Tidak seperti sejawatnya di daerah lain, DPRD Kabupaten Probolinggo belum beraktivitas seperti sediakala. Mereka masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Ya kita belum bisa beraktivitas dengan normal. Masih menunggu hasil audit BPK untuk penggunaan anggaran di Kabupaten Probolinggo. Infonya Selasa ini, sudah selesai,” kata Wakil Ketua DPRD setempat, Oka Mahendra Jati Kusuma pada Senin, 29 Juni 2020.

Aktivitas normal itu, kata Oka, semisal pembahasan LKPj (Laporan keterangan pertanggungjawaban) Bupati Probolinggo tahun anggaran 2019. Juga ada rapat komisi, rapat dengar pendapat (RDP), kunjungan kerja (kunker) ke daerah lain dalam pembahasan Raperda (rancangan peraturan daerah), dan kegiatan lainnya.

“Dari hasil audit itu, kita bisa mengevaluasi kinerja pemerintah daerah, termasuk capaian-capaian target kerja. Juga apa yang belum dilaksanakan. Apa yang perlu dikritisi. Target kami, Juli ini sudah bisa beraktivitas seperti biasanya. Mudah-mudahan,” kata pria yang juga Ketua DPD II Golkar Kabupaten Probolinggo itu.

Aktivitas kunker misalnya, kata Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, diibaratkan sebagai proses pendidikan. Belajar mengetahui dan memahami sesuai tipikor di komisinya masing-masing. Sehingga mampu mengevaluasi kinerja eksekutif dengan baik.

“Kalau eksekutif itu, kan sudah menguasai ilmu pemerintah, minimal mereka sudah 20 tahun berkecimpung di bidangnya. Nah, kita hanya 5 tahun saja. Maka kunker itu, bisa diibaratkan sebagai sekolah praktis,” ucap politisi Partai Nasdem tersebut.

Sekretaris Dewan (Sekwan) setempat, Martinus Sjaiful Effendi mengaku tetap berpatokan pada keputusan Bupati Probolinggo, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dalam masa pandemi corona. Meski, di daerah lain sudah menggelar kegiatan secara normal.

“Kita tunggu perkembangan dari Gugus Tugas Covid-19. Karena memang anggarannya diprioritaskan ke sana,” ujarnya. (saw/ono)