Kapan Sekolah Dibuka? Ini Kata Bunda Indah

3506

Lumajang (WartaBromo.com) – Desakan pertanyaan kapan sekolah dibuka bermunculan di sosial media. Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati angkat bicara terkait hal ini.

Dalam dialog interaktif Hari Anak Nasional bersama Radio Suara Lumajang milik Pemda, Bunda Indah menjawab pertanyaan dari warga. Salah satunya terkait desakan untuk membuka sekolah.

“Jadi kapan sekolah? Itu setiap hari ditanyakan dalam setiap kesempatan. Jadi yang bisa menetapkan bahwa sekolah bisa dibuka itu, Presiden melalui Menteri Pendidikan,” katanya, Kamis (23/07/2020).

Bundanya warga Lumajang ini kemudian menjelaskan, pemerintah pusat memberikan kewenangan jika daerah ingin membuka sekolah. Kewenangan itu bisa terpakai jika daerah masuk dalam zona hijau Covid-19.

“Sementara di Lumajang ini, beberapa waktu lalu zona kuning, sekarang kembali ke oranye. Karena ada kluster-kluster baru yang terbentuk,” lanjutnya.

Wabup Lumajang ini kemudian mencontohkan salah satu daerah berzona hijau yang sudah membuka sekolah. Pemerintah Kota Pariaman di Sumatera Barat beberapa waktu lalu membuka kembali sekolah. Hasilnya, ada beberapa siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19. Akhirnya, sekolah kembali ditutup.

“Maka dari itu, membuka sekolah di masa pandemi ini sangat beresiko. Kami berharap keluasan jiwa orang tua, anak-anak untuk bersabar. Semoga pandemi ini segera berakhir,” tandasnya.

Sekadar diketahui, saat ini warga Lumajang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 114 orang. Sementara kasus suspek sebanyak 214 orang, dan kontak erat mencapai 444 orang. (may/ono)