Ke Embung Krikilan Mancal Sarungan

2178

Kejayan (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf “mancal” mulai dari kantor Kecamatan Kejayan hingga ke Embung Krikilan di Desa Kedung Pengaron Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan, Jumat (24/7/2020).

Aksi mancal atau yang lebih dikenal dengan istilah gowes ini dilakukan bersama Wakil Bupati Pasuruan, KH. Mujib Imron ditemani pula oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Arman dan pengurus PCNU Kabupaten Pasuruan.

Para pejabat itu sengaja datang untuk melihat langsung kondisi embung Krikilan dan melepaskan benih ikan di lokasi.

Menariknya, perjalanan tak dilakukan dengan mobil atau motor melainkan dengan “mancal ria”. Maklum, mancal sekarang lagi mewabah selain wabah Corona.

Pantauan wartawan media ini yang mancal juga meski setengah jalan. Para pejabat daerah itu tak sendirian.Ketua PCNU, para Gus Kyai dan Ustadz ternyata juga ikutan.

Karena diikuti oleh para Gus dan Pengurus NUĀ  itulah kostum mancal jadi agak berbeda yakni celananya didobel dengan sarung. Tidak semua sih, tapi Bupati Irsyad Yusuf salah satu yang sarungan.

Mancal pakai sarung ternyata tak mengurangi laju sepeda. Karena jalanan desa sudah ber-paving. Paling cuma nafas dan usia tua yang mempengaruhinya.

Semilir angin sawah sesekali menyapu wajah dan sarung. Isis!

Titik Pit stop di SD dan Balai Desa Kepuh sempat dimanfaatkan untuk minum dan beristirahat. Sebelum perjalanan dilanjutkan.

Embung Krikilan

Lokasi Embung Krikilan berada di Dusun Krikilan Desa Kedung Pengaron Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Embung ini menjadi kebanggaan warga desa di sekitarnya. Tak hanya Kedung Pengaron yang menjadi sohibull bait-nya, tapi juga Lorokan dan Kepuh.

“Ikannya banyak. Besar – besar. Airnya tak pernah habis,” ujar Sukarto, salah seorang warga setempat.

Embung Krikilan seolah telah menjadi surga bagi para pemancing. Gratis dan bebas mancing kapan saja!.

Kehadiran para pejabat daerah mungkin akan menjadi angin segar bagi warga di daerah yang dikenal memiliki lahan kering dan didominasi pasir dan batu itu. Embung Krikilan bila dikelola secara profesional tentu akan menjadi tempat wisata atau budidaya ikan yang lebih serius.

Mancal Sarungan dan embung Krikilan sebagai tujuan akan menjadi menarik jika ke depan ditambah pernak pernik untuk piknik. Tapi harus diingat, Corona masih ada.

“Ingat ya Bapak Ibu, Corona itu ada. Jangan lupa pakai maskernya, ” pesan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat berada di Embung Krikilan kepada warga yang berkerumun di tepian embung. (yog/yog)