Pemkab Probolinggo Tetap Gelar Upacara Kemerdekaan ke-75 RI

982
Petugas pengibar bendera saat berlatih upacara kemerdekaan ke-75 RI di halaman kantor Bupati Probolinggo, Minggu (16/8/2020).

Kraksaan (wartabromo.com) – Pemkab Probolinggo tetap menyelenggarakan upacara bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI pada Senin, 17 Agustus 2020. Namun, upacara itu hanya diikuti oleh pejabat eselon saja.

“Upacara tetap dilaksanakan, tetapi dengan protokol kesehatan. Tidak seperti tahun sebelumnya,” kata Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, kemarin.

Upacara itu, dilaksanakan di halaman kantor Bupati Probolinggo di Jalan Panglima Sudirman. Tidak di Alun-alun Kota Kraksaan, seperti tahun sebelumnya. Pesertanya hanya pejabat eselon II, III dan IV.

“Staf tidak ikut upacara, hanya pejabat saja. Itu pun tidak seluruh eselon. Kami menyesuaikan dengan kapasitas di kantor ini,” terang Ugas Irwanto, selaku koordinator acara.

Pengibaran bendera merah putih tidak menggunakan skenario pasukan 8-17-45. Melainkan didesain sesederhana mungkin dengan jumlah pasukan yang relatif sedikit. Hal itu dilakukan guna menghindari penularan virus Covid-19. “Petunjuk pusat cukup dengan pasukan pengibar bendera saja,” lanjut Kepala Bakesbangpol itu.

Upacara bendera tersebut dilaksanakan sekitar pukul 07.00 WIB. Selepas acara, Pemkab Probolinggo mengelar lomba-lomba khas agustusan. Lomba itu, dilaksanakan sebelum detik-detik proklamasi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kami semua, nantinya mengikuti detik-detik proklamasi dari istana negara secara virtual di ruang Madakaripura. Untuk sore hari tidak ada upacara bendera. Sorenya hanya mengikuti upacara penurunan bendera secara virtual juga,” tandas Ugas. (saw/ono)