Hari Ini Bank Indonesia Rilis Uang Rupiah Khusus Kemerdekaan RI

4499
Uang Rupiah Khusus Kemerdekaan RI yang sudah diluncurkan beberapa tahun sebelumnya. Foto: Dok BI

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari ini, Bank Indonesia meluncurkan uang rupiah khusus Kemerdekaan RI ke 75. Uang ini hanya dicetak terbatas khusus untuk menyambut kemerdekaan.

“Dalam kesempatan baik ini kami bermaksud menyampaikan undangan sekaligus mohon konfirmasi kehadiran rekan pada acara ‘Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia’ bersama Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan,” kata BI dalam undangan kepada awak media.

Dalam kabar yang beredar, uang khusus yang dimaksud yakni bernominal Rp75 ribu. Cetakannya pun hanya terbatas, karena disebut sebagai sarana untuk memperingati momen tertentu. Kabarnya, uang ini hanya tercetak 250 lembar saja.

Uang khusus pecahan Rp75 ribu yang beredar di warganet.

Meski begitu, uang yang diterbitkan khusus oleh BI ini tetap bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Namun seperti layaknya uang khusus yang lain, biasanya uang ini dipergunakan untuk koleksi atau cinderamata. Jika dijual, memiliki nilai yang tinggi karena dicetak terbatas.

Belum diketahui gambar pasti uang khusus ini. Belakangan beredar, uang ini memiliki kombinasi warna merah putih, dengan gambar Soekarno-Hatta. Kemudian pada sisi lainnya terdapat gambar anak-anak dengan berpakaian adat dari berbagai daerah. (may/ono)