Daun Pisang Tak Sendiri, Ada Daun Lain yang Juga Digunakan sebagai Pembungkus

3741

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bukan rahasia lagi, jika daun pisang merupakan pembungkus makanan. Sifatnya yang ramah lingkungan dan dapat memberi aroma khas menggugah selera, menjadi alasan banyaknya orang memilih daun pisang sebagai pembungkus.

Tapi siapa sangka, selain daun pisang, ada jenis daun lain yang juga dimanfaatkan untuk membungkus makanan. Apa saja?

1. Daun Patat

Mengutip detik, penampilan daun satu ini mirip daun tanaman kunyit. Biasanya, digunakan untuk membungkus beberapa makanan khas Bogor.Toge goreng dan doclang menjadi diantaranya. Konon, daun patat dipilih lantaran memiliki sifat anti bakteri.

2. Daun Mangkok

Godong mangkokan, mamanukan, dan mangko-mangko adalah secuil sebutan lain dari daun mangkokan. Bentuk daun satu ini sesuai dengan namanya, yakni berbentuk cekung mirip mangkok.

Baca Juga :   Di Probolinggo, Kepulangan Pasien Covid-19 Sembuh Disambut Raungan Motor Berknalpot Brong dan Petasan

Makanan yang biasa dibungkus menggunakan daun mangkok antara lain, pepes, pecel sayur dan bubur sagu. Jika ingin menggunakan daun ini sebagai bungkus, pastikan daunnya berwana hijau segar dengan urat daun terlihat jelas. Daun dengan ciri seperti itu akan membantu mengurangi bau amis dan memberikan aroma khas.

3. Daun Jambu Air

Daun jambu air terkenal dapat mengobati diare. Ternyata, daun jambu air juga bisa digunakan untuk membungkus makanan.

Ya, orang Garut memanfaatkan daun jambu air untuk membungkus tape khas Garut dan nasi jamblang. Warna hijau alami yang dihasilkan dari daun ini berguna sebagai pewarna alami tape.

Nah, daun yang bagus untuk digunakan yakni daun yang sudah tua yang baru dipetik dari pohon. Tujuannya agar daun jambunya dapat memberikan warna menarik pada makanan yang dibungkus.

Baca Juga :   Miliki Catatan Reaktif Rapid, PDP asal Gempol Meninggal

4. Daun Bambu

Emang iya, daun bambu bisa jadi pembungkus?
Tentu dong.
Makanan yang memanfaatkan daun bambu sebagai pembungkusnya antara lain kue gambir khas Bali, tempe, lupis, dan bakcang.

Namun, daun bambu tidak dapat langsung digunakan setelah dipetik. Pasalnya, masih ada permukaan daun yang terdapat bulu halus. Jadi, bersihkan terlebih dahulu daun bambu yang akan digunakan. Selanjutnya, daun bambu direbus hingga layu. Oiya, jangan lupa untuk memilih daun bambu yang ukurannya lebih lebar dibanding daun bambu biasanya.

5. Daun Talas

Ukuran daun talas cukup besar dan lebar mirip perisai. Tak heran, daun talas dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Warga Sumatera Utara yang sering menggunakan daun ini untuk membungkus tape. Tak sedikit pula yang memanfaatkan daun talas untuk mengemas nasi bungkus.

Baca Juga :   Lalai Berujung Kematian Bayi, Dinkes SP3 Bidan di Puskesmas Pajarakan

Jika ingin memilih daun talas sebagai pembungkus, sebaiknya pilih yang daunnya sudah tua. Selain itu, pilih yang diameternya sekitar 15-20 cm supaya makanan tidak mudah tumpah. (bel/may)