Yah… Bansos Rp600 Ribu untuk Pekerja Batal Cair Hari Ini

3342

Jakarta (WartaBromo.com) – Pekerja penerima subsidi gaji dari Pemerintah, harus bersabar sampai akhir Agustus ini. Sebab, Menteri Ketenagakerjaan menunda pencairan bansos Rp600 ribu yang sedianya bisa dinikmati mulai hari ini.

Hal ini disampaikan Ida Fauziyah, Menaker saat penyerahan simbolis data pegawai yang menerima bansos pada Senin (24/08/2020) petang. Ida mengatakan, saat ini sudah 2,5 juta data rekening yang diterima Kementerian Ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami membutuhkan waktu untuk cek kesesuaian data. 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit. Kami memang menargetkan bahwa transfer itu dimulai dari akhir bulan Agustus ini,” katanya melalui konferensi pers virtual.

Meski telah dilakukan validasi oleh BPJS Ketenagakerjaan, Menaker mengaku harus juga melakukan pengecekan ulang. Sistem pengecekan ini dilakukan per batch, yang masing-masing berkapasitas 2,5 juta data nomor rekening.

“Kalau di juknisnya memang waktu paling lambat itu 4 hari untuk melakukan check list itu. Jadi mohon maaf kami butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada,” tambahnya.

Sampai saat ini, data nomor rekening yang telah terkumpul sejumlah 13,7 juta. Kurang sekitar 2 juta lagi dari kuota yang telah ditetapkan pemerintah.

Sementara nomor rekening penerima yang telah divalidasi sebanyak 10 juta data. Proses terkumpulnya data hingga validasi ini ditargetkan selesai pada akhir September 2020, sesuai batch yang telah dibuat sebelumnya. (may/ono)