Partisipasi Pemerintah Kota Pasuruan dalam Aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi

919

Pasuruan (Wartabromo.com) – Aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) telah memasuki tahun ke-2. Pemerintah Kota Pasuruan pun turut bergabung dalam aksi tersebut.

Ya, memasuki tahun ke-2 pelaksanaan Stranas PK, sudah banyak inisiatif dan perubahan yang dilakukan dalam upaya-upaya pencegahan korupsi. Sebagai bentuk penguatan komitmen dan apresiasi, maka Tim Nasional Pencegahan Korupsi (Timnas PK) menyelenggarakan kegiatan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) bagi seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya via daring dan luring.

Pada kesempatan tersebut, Rudiyanto, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pasuruan tampak hadir bersama pejabat lain di Ruang MCC Pemerintah Kota Pasuruan, Rabu (26/8/2020). Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Inspektur Kota Pasuruan, serta Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan tak luput dari daftar hadir mengikuti aksi via video conference.

Aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) tahun ini bertema  praktik baik pencegahan korupsi pada beberapa Aksi PK yang berjalan. Praktik baik yang dimaksud meliputi:

– Praktik baik pemanfaatan NIK untuk program subsidi pemerintah;
– Praktik baik penerapan E-Katalog dan marketplace dalam pengadaan barang dan jasa;
– Praktik baik keuangan desa;
– Praktik baik penerapan manajemen anti suap;
– Praktik baik pemanfaatan peta digital dalam pelayanan perizinan berusaha;
– Praktik baik reformasi birokrasi.

Tak lupa, dalam forum juga dititipkan pesan kepada seluruh anak bangsa agar ikut berperan menghentikan dan melawan korupsi serta mengatakan ayo tidak korupsi!

Sekadar diketahui, kegiatan Stranas PK dihadiri Presiden Republik Indonesia, Menteri Kabinet Republik Indonesia, Ketua dan Anggota Komisi III DPR RI, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lain. (bel/**)